Arus Mudik Lancar, Netizen Sayangkan Hilangnya 'Tradisi yang Hilang'

Arus Mudik Lancar, Netizen Sayangkan Hilangnya 'Tradisi yang Hilang'
Ilustrasi foto/Net

MONITORDAY.COM – Mudik lebaran sangat identik kemacetan. Saking sudah menjadi tradisi, orang pun banyak yang mempersiapkannya jauh-jauh hari. Sejumlah tips dan trik pun disiapkan untuk menghindari kemacetan.

Berbeda dengan tahun ini, mudik ternyata tak lagi identik dengan kemacetan. Arus mudik justru malah terasa lebih lancar dan jauh dari kata macet. Beroperasinya tol Trans Jawad, pengaturan lalu lintas seperti one way dan pengalihan arus di jalur Pantura ditengarai menjadi penyebabnya.

Dari pantauan monitorday, perjalanan mudik dari Jakarta ke Cirebon misalnya, memang menjadi lebih cepat dan lancar. Tidak ada lagi penumpukan kendaraan yang berarti baik di Bekasi maupun Cikampek. Sesekali memang sempat tersendat, namun kemudian lancar kembali.

Kemacetan kecil justru sempat beberapa kali terjadi di Cipali, lantaran banyak kendaraan yang mengantri masuk ke rest area atau yang memilih menepi di pinggir-pinggir jalan tol.

Lancarnya arus mudik lebaran tahun ini pun sempat dikeluhkan oleh para pemudik terutama di media sosial. Menurut mereka, lebaran kali ini jadi tak terasa lebaran karena semua jalanan lancar tanpa kemacetan yang berarti.

Dengan nada bercanda, akun @fadlyzian menulis dalam akun twittnya, “tahun ini tak terasa lebarannya, Jokowi memang hebat.”

Akun lainnya malah menulis status bernada protes terhadap Presiden Joko Widodo lantaran telah mengurangi rasa lebaran kali ini. Sebagian dari mereka meminta Jokowi untuk mengembalikan lebaran seperti tahun-tahun sebelumnya yang identik dengan kemacetan.

 

Mudik tahun ini kurang berasa gara2 Jokowi nih jalanan lancar gak ada macet2nya. Cepet banget nyampainya....

— nani_esti (@nani_esti) June 2, 2019