Bantu Permudah Akses Layanan Publik, Kemensos Akan Terbitkan Kartu Untuk Penyandang Disabilitas

Bantu Permudah Akses Layanan Publik, Kemensos Akan Terbitkan Kartu Untuk Penyandang Disabilitas
Mensos Agus Gumiwang/istimewa

MONITORDAY.COM - Kementerian Sosial (Kemensos) akan menerbitkan Kartu Penyandang Disabilitas yang kedepan diintegrasikan untuk memudahkan penyandang disabilitas mengakses layanan publik. Menteri Sosial Agus Gumiwang mengatakan, bahwa kartu tersebut akan diberikan secara simbolis oleh Presiden Jokowi saat peringatan hari disabilitas.

"Kartu ini secara simbolis akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo pada peringatan Hari Disabilitas Internasional pada 3 Desember mendatang," kata Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Jumat, (30/11).

Mensos mengatakan, Kartu Penyandang Disabilitas tersebut ke depan akan diintegrasikan dengan berbagai layanan publik.

"Terkait kartu disabilitas ini kami akan lakukan pendekatan. Jangan sampai kartu ini hanya sebagai kartu identitas saja tapi multifungsi mereka bisa mendapatkan semacam kemudahan fasilitas ini harus melibatkan Pemda," kata Mensos Agus.

Untuk tahap awal kartu tersebut akan dibagikan kepada 7.000 penyandang disabilitas terutama yang ada di Pulau Jawa karena berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT) lebih lengkap.

Dirjen Rehabilitasi Sosial, Edi Suharto mengatakan, Kemensos akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah maupun BUMN agar kartu tersebut bisa terintegrasi dengan layanan publik.

"Aksesibilitas ini penting dan melibatkan lintas kementerian, jadi kartu akan bermanfaat bagi penyandang disabilitas," kata dia.

Ke depan, Kementerian Sosial akan terus menambah penerima kartu disabilitas sesuai dengan BDT yaitu sebanyak 119.311 penyandang disabilitas yang selama ini menjadi penerima manfaat bansos dari Kementerian Sosial. Berdasarkan Susenas jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 6.008.000 orang.