Basilica Cistern, Waduk Bawah Tanah Istanbul Tempat Tiang Menangis

Basilica Cistern, Waduk Bawah Tanah Istanbul Tempat Tiang Menangis
Basilica Cistern

 

Istanbul terkenal sebagai salah satu kota besar di Turki yang menyimpan berjuta sejarah Eropa dan Asia. Beberapa bangunan kuno bersejarah ternama di sana adalah Hagia Sofia dan Sultan Ahmed Mosque atau Blue Mosque. Ternyata, di dekat kedua tempat itu, ada sebuah waduk tersembunyi, lho!

Ya, Basilica Cistern atau Yerebatan Sarnici adalah sebuah waduk yang terletak di bagian barat daya Hagia Sofia. Waduk berukuran 140x70 meter yang memiliki 336 tiang dengan tinggi 9 meter ini dibangun untuk Kaisar Byzantium, yaitu Justinianus I pada abad keenam. Resmi dibuka untuk umum sebagai salah satu warisan dunia pada 9 September 1987, Basilica Cistern memiliki daya tarik tersendiri karena letaknya yang tersembunyi di bawah tanah.

Tembok setebal 4 meter yang mengelilingi Basilica Cistern dibangun dari batu bata dan campuran semen spesial tahan air, membuat waduk ini tetap terjaga kelestariannya hingga sekarang. Air yang ada di waduk tersebut berasal dari Hutan Beograd, yang berjarak 19 kilometer dari kota.

Di antara tiang-tiang berbentuk silinder yang berjejer, ada dua tiang yang memiliki ukiran kepala Medusa sebagai penyangganya. Kedua tiang tersebut terletak di bagian barat laut Basilica Cistern. Entah bagaimana asal-usul kepala Medusa itu muncul di waduk. Meskipun para peneliti menduga hal tersebut ada hanya sebagai penyangga ketika waduk itu sedang dibangun, ada legenda yang mengatakan bahwa kepala Medusa dan beberapa patung lainnya digunakan sebagai pelindung tempat-tempat besar. Beberapa pengunjung melemparkan koin ke dalam kolam kecil yang mengelilingi kedua tiang berkepala Medusa.

Satu tiang lainnya juga akan membuatmu iba karena tiang itu penuh ukiran air mata. Tidak seperti tiang lainnya, tiang yang satu ini terlihat basah. Crying Column ini terlihat seperti tiang yang menangis, yang dibuat untuk mengenang para budak yang gugur pada masa pembangunan Basilica Cistern.

Kamu juga bisa berfoto ala putri-raja Turki di photobooth yang tersedia di dalam waduk dan menjadikan hasil cetakan foto itu sebagai kenang-kenangan. Dengan membayar sebesar 20 Lira, kamu bisa menjelajah waduk ini dan menemukan keajaiban di dalamnya. (MFK)