Berencana Undang Jokowi dan Prabowo saat Tanwir, PP Muhammadiyah: Kapasitasnya Sebagai Tokoh Nasional

Berencana Undang Jokowi dan Prabowo saat Tanwir, PP Muhammadiyah: Kapasitasnya Sebagai Tokoh Nasional

MONITORDAY.COM - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti menegaskan, diundangnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto pada Tanwir PP Muhammadiyah bukan berkapasitas sebagai peserta Pilpres 2019, melainkan sebagai tokoh nasional.

“Sekali lagi kami tegaskan bahwa beliau berdua (Joko Widodo dan Prabowo Subianto) tidak kita undang sebagai capres tapi kita undang dalam kapasitas sebagai tokoh nasional,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Menurutnya, jika PP Muhammadiyah mengundang Jokowi dan Prabowo sebagai Capres peserta Pilpres 2019 akan menyalahi aturan. Karena menurutnya, hanya KPU yang mempunyai kewenangan untuk mengundang keduanya sebagai capres.

“Yang punya kewenangan untuk itu adalah KPU bukan kami sehingga kalau kami mengundang beliau sebagai capres tentu kita menyalahi aturan,” jelasnya.

Muhammadiyah, lanjutnya akan tetap pada prinsip sebagai organisasi dakwah yang tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis.

“Muhammadiyah tetap pada prinsip dan pada fitrah serta kepribadian menjadi organisasi dakwah yang tidak terlibat dalam politik praktis,” tegasnya.