Berhasil Terapkan Transformasi Ekonomi, Indonesia Bisa Mencontoh Singapura dan China

Berhasil Terapkan Transformasi Ekonomi, Indonesia Bisa Mencontoh Singapura dan China
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla

MONITORDAY.COM - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengungkapkan Indonesia perlu belajar dari negara Singapura dan China pada persoalan transformasi ekonomi. Menurutnya, Singapura bersikeras melakukan perubahan bertahap negaranya dari negara pelabuhan hingga menjadi negara perdagangan maju.

"Singapura menjadi negara jasa, jasa keuangan, jasa kesehatan, golongan menengah tiap sakit di atas sakit kepala ke Singapura, contohnya," kata Jusuf Kalla dalam acara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI di Borobudur Hotel, Jakarta, Jumat (9/8).

Wakil Presiden yang akrab di panggil JK mengatakan, pada tahun 1960-an China merupakan negara agraris. Namun, China kini menjadi negara industri luar biasa di abad ini barang buatannya membanjiri pangsa pasar dunia.

"Kita beli di toko, pasti made in China. Handphone, Apple, barang-barang kecil, itu made in China. Itu transformasi dari agraris ke manufacturing tercepat di dunia," tambahnya.

JK berharap Indonesia dapat mentransformasi ekonomi didukung oleh berbagai pihak dan didampingi oleh teknologi.

"Nilai tambah itu harus dilakukan secara bersama-sama, tentu caranya pengusaaan teknologi, ada modal, baru bisa mengubah," lanjutnya.