Berikan Akses Kesehatan Untuk Dhuafa, Lazismu Konsisten Jalankan Program IMC

Berikan Akses Kesehatan Untuk Dhuafa, Lazismu Konsisten Jalankan Program IMC
Pelaksanaan program IMC Lazismu/foto: istimewa

MONITORDAY.COM -  Dalam rangka membantu masyarakat dalam mendapat akses kesehatan, Lembaga amil zakat infaq sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) membentuk satu program guna memberikan layanan kesehatan untuk kaum dhuafa. Program dinamai dengan Indonesia Mobile Clinic (IMC).

"Lazismu melalui program IMC terus konsisten memberikan layanan kesehatan di wilayah DKI Jakarta yang sampai dengan Oktober ini masih terus berlangsung," kata Penanggung Jawab Program IMC Lazismu, Syahrul Amsari, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/10).

Syahrul mengungkapkan, dalam program yang didukung oleh Bank Nasional Indonesia (BNI) ini, IMC melakukan pemeriksaan kesehatan seperti tensi garah, kolestrol, cek gula darah dan HB sesuai dengan hasil rekomendasi dokter yang bertugas. 

“Maka warga yang memiliki keluhan tak perlu khawatir dengan kondisi kesehatannya, karena tim kesehatan yang berkolaborasi bersama Lazismu melayani dengan sepenuh hati,” ungkapnya. 

Sampai hari ini, layanan IMC telah melayani masyarakat berupa akses memeriksa kesehatannya secara gratis di beberapa titik lokasi, di kawasan Jakarta. 

"Di antaranya Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Slipi, PCM Matraman, SD Muhammadiyah 11, PCA Kramat Jati, PCM Tanah Abang, Jatinegara, PCM Cilincing, Pondok Bambu, Manggarai, Kampung Melayu, Duren sawit, Kampung Rambutan, Bidara Cina dan lokasi lainya yang warga butuhkan untuk memeroleh layanan kesehatan," papar Syahrul.

Program IMC ini sendiri mulai dilakukan pada Mei lalu dan akan berakhir Desember 2018. Sampai dengan Oktober ini jumlah penerima manfaat diperkirakan sebanyak 805 orang.

"Dalam pantauan Lazismu selama enam bulan ini, antusias masyarakat dengan adanya layanan kesehatan gratis dari Lazismu sangat baik. Bahkan di beberapa lokasi ada yang meminta untuk dilakukan setiap sebulan sekali," ucap Syahrul.

IMC sendiri merupakan program layanan kesehatan yang bertujuan untuk memberikan manfaat kepada warga yang jarang atau tidak pernah sama sekali mendapatkan layanan kesehatan secara gratis. “Tentunya kalangan masyarakat menengah ke bawah yang ada di kawasan Jakarta,” jelasnya.

Salah seorang penerima manfaat, Ahmad mengatakan sangat berterima kasih sekali dengan lazismu yang rutin melakukan pemeriksaan kesehatan gratis. Demikian dituturkan warga yang lokasinya kedatangan IMC di bilangan Slipi, Jakarta Barat. 

Syahrul mengatakan kegiatan ini merupakan program Lazismu di 2018 yang sasarannya untuk masyarakat yang termasuk delapan penerima zakat (asnaf). Lazismu dalam program ini, bekerjasama dengan RSIJ Pondok Kopi yang juga mengontrol kualitas pengadaan obat karena untuk tetap menjaga profesionalitas dan kualitas dari program ini.