Black Friday dan Cyber Monday Hari Diskon Nasional untuk Warga Amerika

Black Friday dan Cyber Monday Hari Diskon Nasional untuk Warga Amerika

MONITORDAY.COM  - Amerika punya tiga hari libur yang dikenal dunia : Thanksgiving, Black Friday, dan Cyber Monday.

Bulan november ini diskon besar-besaran tengah melanda Amerika. Tradisi Thanksgiving yang selalu dirayakan pada hari Kamis minggu keempat di bulan November, tahun ini jatuh pada tanggal 22 November 2018.

Warga Amerika biasanya merayakan Thanksgiving dengan memasak kalkun dan menonton bola bersama. Tradisi berbelanja setelah hari Thanksgiving telah dilakukan sejak tahun 1950. Namun, tradisi ini baru dikenal dengan sebutan ‘Black Friday’ sejak tahun 2005.

Black Friday merupakan hari dimana toko retail di Amerika mengadakan diskon besar-besaran hingga mencapai 80%. Hal ini membuat warga Amerika bersemangat merayakan tradisi dengan belanja dan berburu diskon besar-besaran.

Melansir dari Vox.com, sejarah nama ‘Black Friday’ muncul dari sebutan Sopir bus dan polisi untuk mendeskripsikan lalu lintas yang padat dan membuat kemacetan kota sehari setelah Thanksgiving karena ada banyak pembeli yang berbondong-bondong ke toko.

Tahun ini Black Friday jatuh pada tanggal 23 Nov 2018. Warga Amerika yang siap memborong belanjaan bahkan rela menginap dan membangun tenda di sekitar toko yang mengadakan diskon besar-besaran.

Besok, Hari Senin (26/11) , warga Amerika siap kedatangan lagi hari spesial untuk memborong belanjaan. Setelah Black Firday, muncullah Cyber Monday.

Perbedaan antara Cyber Monday dan Black Friday adalah dimana banyak penjual toko online yang menawarkan promo spesial.

Mengapa dinamakan Cyber Monday? Karena hari senin identik dengan hari yang sibuk dalam bekerja. Cyber Monday bisa dibilang kesempatan ditujukan untuk para pekerja yang sibuk dan tidak sempat merayakan Black Friday untuk berbelanja secara online dengan diskon yang tidak kalah menarik seperti Black Friday.

Seperti Amerika, Indonesia juga punya Black Friday dan Cyber Monday, yaitu Harbolnas ( Hari Belanja Online Nasional) yang diadakan setiap bulan  di tanggal yang kembar dengan bulannya.