Blackout, Pelajaran Berharga Bagi Ekonomi Digital

Blackout, Pelajaran Berharga Bagi Ekonomi Digital
Acara bincang media bertajuk 'Pertumbuhan Ekonomi Digital yang Berkualitas' di Hotel Le Meridien, Kamis (15/08)

MONITORDAY.COM - Leonardo Adypurnama Alias Teguh Sambodo, Direktur Industri, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Bappenas mengatakan pemadaman listrik secara massal beberapa waktu lalu menjadi pelajaran untuk menunjang ekonomi digital.

"Kemarin (black out) jadi pembelajaran kami
. Kalau ekonomi digital nanti sudah booming, kita juga harus benar-benar fokus pada pemeliharaan energi, bukan hanya terhadap kesediaan pasokannya," kata Teguh di Hotel Le Meridien, Kamis (15/8).

Teguh menyarankan bahwa permasalahan distribusi energi dalam hal ini kelistrikan harus lebih ketat lagi. Sebab, saat listrik padam jaringan komunikasi pun ikut terganggu.

"Pembelajaran kami kita akan lebih ketat terutama dalam pendistribusian energi untuk bisa memastikan layanan ekonomi digital yang lebih reliable (andal)," ucapnya.


Menurut Teguh, pihaknya sedang mempersiapkan rencana cadangan atau cara untuk mengantisipasi terjadinya listrik padam kembali. Penanganan ini untuk meminimalisir terjadinya kerugian.

"Saat ini kita persiapkan ke sana. Ke depan, semua aspek harus dipertimbangkan terutama kalau kita mau target ekonomi digital terealisasi," tambahnya.