Bocorkan Kisi-Kisi Debat, Wakil Ketua TKN: Maksud KPU Itu Baik

Bocorkan Kisi-Kisi Debat, Wakil Ketua TKN: Maksud KPU Itu Baik

MONITORDAY.COM - Dibocorkannya kisi-kisi pertanyaan debat kandidat Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi sorotan publik. Sebab, hal tersebut dinilai terkesan main-main.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Arsul Sani mengatakan bahwa pihaknya tidak mempermasalahkan apa yang sudah diputuskan oleh KPU.

"Kisi-kisi pertanyaan oleh KPU kepada paslon dan timses, saya kira kalau TKN menyerahkan sepenuhnya kepada KPU. Mau disampaikan terlebih dahulu monggo silakan, kami mengapresiasi itu. Tidak disampaikan pun ya kami tidak menuntut atau meminta untuk disampaikan," ujar Arsul kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/1).

Menurut Arsul, KPU memiliki maksud baik dari putusannya tersebut. Karena ada beberapa hal yang memang harus diketahui oleh paslon terkait materi debat kandidat itu.

"Tapi memang TKN memahami bahwa maksudnya KPU itu kan juga baik. Ada bagian-bagian yang disebut sebagai pertanyaan terbuka itu supaya kalau paslon ini sudah mengetahui. Maka ketika itu ditanyakan jawabannya lebih detail, tidak sekadarnya saja," kata Arsul.

Ditambahkan Arsul, maksud baik KPU barangkali kedua paslon perlu untuk mempersiapkan diinternal masing-masing kandidat yang bertarung.

"Kalau orang gak tau kan, barangkali juga gak bawa data, atau barangkali juga belum secara internal didiskusikan, jawabannya ya seminimal mungkin saja jadinya," paparnya.

Lebih lanjut, politisi PPP ini menilai putusan KPU untuk memberikan kisi-kisi debat kandidat Pilpres 2019 tentu harus dilihat secara komprehensif.

"Tentu ada sisi positif, ada sisi yang dianggap gak positif," tandasnya.