Cara Belajar Unik yang Bikin Tambah Semangat Belajar

Cara Belajar Unik yang Bikin Tambah Semangat Belajar
Ilustrasi Belajar. (c) Google

MONITORDAY.COM – Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menyerap materi pelajaran yang didapatkan di sekolah atau kampus. Ada yang memiliki jam belajar rutin, ada pula yang melakukan SKS (Sistem Kebut Semalam) hanya ketika akan diadakan ujian. Bagi yang belum menemukan cara belajar yang tepat, ada tiga cara yang bisa dicoba untuk menambah semangat belajarmu.

  1. Hias Catatanmu dengan Hand-Lettering

Cara ini cocok banget kalau kamu adalah orang yang memiliki minat dan bakat di bidang seni, khususnya melukis. Hand-lettering tidak seperti menulis huruf sambung pada umumnya yang dipelajari di SD. Ada teknik-teknik tersendiri yang bisa dipelajari lewat video di YouTube maupun Instagram yang menjadi daya tarik hand-lettering. Cara ini menjadi populer dengan kata kunci studyblr. Tidak hanya hand-lettering, ada perpaduan warna dan jenis tulisan yang bisa kamu pelajari. Dengan menghias catatanmu, maka kamu bisa semakin nyaman dan leluasa untuk membacanya.

  1. Buat Flash Card

Ingat kumpulan kartu dengan ilustrasi dan warna menarik yang digunakan untuk menghafal abjad, jenis-jenis hewan, sayuran, dan sebagainya saat kamu kecil? Kamu dapat membuat kartu-kartu tersebut versi pelajaran yang perlu kamu ingat. Rumus matematika, istilah-istilah biologi, jenis-jenis bebatuan di geografi, kamu bisa mengkreasikannya sesuka hatimu. Dengan membuat flash card, kamu akan semakin mudah mengidentifikasikan hal-hal yang butuh diingat dalam pelajaranmu.

  1. Dengarkan Playlist Pilihanmu

Punya playlist berisi musik klasik? Atau musik pop? Apapun genre musik favoritmu, mendengarkan lagu sambil belajar adalah cara unik bagi sebagian orang yang mereka lakukan ketika belajar. Eits, pastikan volume suara musik yang kamu putar tidak terlalu kencang sehingga memecahkan fokus belajarmu, ya!

Cara-cara di atas dapat kamu coba sembari belajar untuk Ujian Tengah Semester. Semangat!