Cara Generasi Milenial Menghadapi Bonus Demografi

Cara Generasi Milenial Menghadapi Bonus Demografi
Bonus Demografi. (c) Google

MONITORDAY.COMGenerasi milenial dapat dikatakan sebagai masa depan bangsa. Menyambut datangnya bonus demografi tahun 2020 mendatang, dimana penduduk Indonesia akan didominasi oleh mereka yang berusia produktif, sudah saatnya generasi muda semakin berdaya agar dapat membawa Indonesia ke jenjang yang lebih baik.

Pada dasarnya, kehadiran bonus demografi akan membawa dampak buruk jika tidak dioptimalisasikan. Dengan tingginya angka penduduk di usia produktif, jika kesempatan ini tidak dioptimalkan, maka akan banyak pengangguran yang bertebaran di Indonesia. Ditambah dengan berlangsungnya Revolusi Industri 4.0 dimana mesin sudah mulai mengerjakan pekerjaan manusia. Lantas, bagaimana cara generasi milenial menghadapi bonus demografi?

Persiapan yang harus dilakukan pertama kali adalah mengetahui minat dan bakat diri sendiri. Mengapa tahap ini penting? Pada saat bonus demografi, semakin banyak orang mencari lapangan pekerjaan guna menghidupi diri masing-masing. Jika kamu sudah mulai mengenali potensimu dari sekarang, kamu bisa mulai mengembangkannya sehingga kamu dianggap berkompeten pada bidang-bidang tertentu. Hal ini akan membuatmu stand out di antara orang-orang yang juga mencari pekerjaan namun belum memaksimalkan potensinya.

Selain itu, kamu juga harus pintar-pintar mencari relasi. Manusia sebagai makhluk sosial tentu tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Dengan banyaknya jaringanmu, akan sangat membantu jika kamu ingin melakukan kegiatan atau proyek tertentu, terutama jika proyek tersebut membutuhkan orang dari berbagai bidang. Kamu bisa mengajak relasimu untuk bekerja sama.

Nah, kamu juga harus lebih percaya pada kemampuan dirimu bahwa perubahan sekecil apapun akan membawa Indonesia menuju jenjang yang lebih baik. Yuk, mempersiapkan diri menghadapi bonus demografi bersama!