Ikut Program Kunjungan ke Luar Negeri, Guru ini Harap Indonesia Terapkan Model Pendidikan Hebat

Ikut Program Kunjungan ke Luar Negeri, Guru ini Harap Indonesia Terapkan Model Pendidikan Hebat

MONITORDAY.COM - Dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga pendidik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berangkatkan 1.200 guru dan tenaga kependidikan ke dua belas negara diseluruh penjuru Dunia.

Kegiatan yang berlangsung selama bulan Maret 2019 ini dinilai bertujuan untuk mempelajari model pembelajaran dan budaya di negara yang dikunjungi. 

"Dengan mempelajari berbagai teknik pembelajaran agar bisa di terapkan dan dikembangkan di Indonesia," kata salah satu peserta, Zaky Anshari, dalam keterangan tertulisnya Minggu, (10/03/2019).

Acara bertajuk "Peningkatan Mutu Guru dan Tenaga Kependidikan" ini resmi di buka pada 25 Februari yang lalu oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi.

Zaky Anshari, yang merupakan seorang guru dari SMA Muhammadiyah 25 Pamulang ini masuk kedalam kelompok PEDAGOGICAL SKILL, yang ditugaskan untuk mempelajari sistem pendidikan di Abad 21 dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran sehari-hari disekolah.

Dari 12 negara, yang menjadi tujuan kelompok ini adalah negara Australia, tepatnya di University of Queensland di kota Brisbane. "Australia di pilih karena dianggap sebagai salah satu negara yang memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik," tuturnya.

Zaky menyampaikan pengalaman setelah beberapa hari ditugaskan di Australia menemukan hal-hal yang baru dari konsep pendidikan yang digunakan di negara ini. "Kami mempelajari banyak hal disini dan ini sangat hebat, sesuatu yang baru untuk kami, namun telah berlangsung lama di negara ini," ujarnya. 

"Guru aktif dan siswa aktif berpadu dalam satu ruangan untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas," imbuh Zaky, yang juga Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Tangerang Selatan ini. 

Ia berharap, dari kegiatan ini bisa menghasilkan konsep hebat yang luar biasa dan bisa di kembangkan untuk sistem pendidikan di Indonesia.