Diserang Wabah DBD, Pemprov DKI Gratiskan Perawatan Pasien Terjangkit di RSUD Jakarta

Diserang Wabah DBD, Pemprov DKI Gratiskan Perawatan Pasien Terjangkit di RSUD Jakarta
Ilustrasi/net

MONITORDAY.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan gratiskan perawatan pasien DBD di RSUD Jakarta. Sehingga semua Rumah Sakit Umum Daerah di Jakarta khusus kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) perawatannya gratis.

Semua RSUD di Jakarta diklaim mempunyai fasilitas baik. Termasuk di Jakarta Selatan yang paling banyak ditemukan kasus DBD.

"Semua di RSUD kita perawatannya gratis untuk kasus demam berdarah dan RSUD kita fasilitasnya bagus," ujar Anies di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (3/2/2019).

Saat ini, DBD sedang mewabah di wilayah Indonesia termasuk di Jakarta. Jumlah kasus DBD sampai hari ini menunjukan 876 kasus di tahun 2019. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sampai sekarang belum menetapkan status sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

"Nanti kita pantau perkembangannya, sejauh ini belum ada," lanjutnya.

Selain itu, Pemprov mendorong jumantik untuk terus ke lapangan. Petugas dari kelurahan RT dan RW turun ke lapangan untuk mendorong warga terjaga dan memeriksa lingkungan. Dia menghimbau kepada warga yang merasakan tanda-tanda seperti demam berdarah jangan dianggap enteng langsung datangi puskesmas atau langsung periksakan diri dan jangan ditunda.

"Barusan tadi saya memeriksa datang ke IGD, salah satu contoh bahwa ada anak anak yang mengalami gejala demam berdarah tapi tidak langsung ditangani efek jadi berpotensi berkepanjangan," tegas Anies.

Seluruh pembiayaan dicover oleh pemerintah jangan khawatir untuk kasus DBD dari dulu selalu ditanggung, sekarang pun sama.