Dorong Transformasi Industri Digital, Kemenperin Gelar Roadshow INDI 4.0

Dorong Transformasi Industri Digital, Kemenperin Gelar Roadshow INDI 4.0
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BBPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara/Foto: Ist

MONITORDAY.COM - Guna semakin menggaungkan industri untuk bertransformasi dan mengimplementasikan industri 4.0, Kementerian Perindustrian menyelenggarakan Roadshow INDI 4.0. 

Gelaran tersebut sekaligus menjadi sarana para stakeholder dan ekosistem industri 4.0 untuk menunjukkan hasil dan capaian mereka dalam mengadopsi industri 4.0.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BBPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara mengatakan, pihaknya telah merumuskan indikator untuk mengukur kesiapan sektor manufaktur dalam bertransformasi menuju industri 4.0 yang disebut Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (Indi 4.0). 

"Hal tersebut merupakan tindak lanjut implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0 yang diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2018 lalu," kata Ngakan dalam siaran persnya, Rabu (14/8).

Roadshow INDI 4.0 yang perdana bakal dilaksanakan di Kota Surabaya, dengan  mengusung tema “Pendampingan Implementasi Industri 4.0”. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari, pada17-18 September 2019.

“Surabaya jadi kota pertama untuk roadshow, nanti terus berlanjut di beberapa kota lain. Tujuannya, kami ingin menunjukkan ke publik kemampuan sektor industri di Indonesia dalam menerapkan industri 4.0,” ungkap Ngakan.

Lebih lanjut, Ngakan menyampaikan, selain untuk sosialisasi, Roadshow INDI 4.0 juga bertujuan memberikan pemahaman pada masyarakat industri tentang kesiapan dan langkah menuju era industri 4.0. 

Selain itu memberikan gambaran mengenai penguatan ekosistem industri 4.0 yang dibangun, baik itu oleh pemerintah, industri, asosiasi, technical provider, consultant group, akademisi, research and development, serta financial actor.