DPP IMM Gelar Lokakarya Nasional Sosial Pemberdayaan

DPP IMM Gelar Lokakarya Nasional Sosial Pemberdayaan
Lokakarya Nasional Sosial Pemberdayaan, DPP IMM/Foto: Alfan (Monitorday)

Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) menggelar Lokakarya Nasional Sosial Pemberdayaan dengan tema "Peningkatan Kapasitas Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dalam Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal".

Lokakarya ini akan berlangsung pada tanggal 22-24 Februari 2019 di Universitas Muhammadiyah Jakarta, yang diikuti oleh perwakilan kader DPD IMM se-Indonesia.

Ketua Bidang Sosial Pemberdayaan Masyarakat DPP IMM, M. Syahrul mengatakan acara ini adalah sebagai bentuk implementasi dari trikompetensi IMM yaitu Humanitas. Isi kegiatan acara lokakarya diantaranya Focus Group Discusion (FGD) dan kunjungan ke Baduy. (22/02/2019).

Dalam sambutannya Ketua Umum DPP IMM, Najih Prastio juga mengatakan. "Kader IMM jangan menafsirkan Humanitas sebatas program bakti sosial (Baksos)".

Justru humanitas bisa kita fahami dalam bentuk pemberdayaan yang dilakukan kepada masyarakat bersifat jangka panjang, imbuh Najih.

Kalau Humanitas hanya kita simpulkan sebatas Baksos, mungkin tidak akan banyak orang yang kenal kita setelah setahun bantuan itu diberikan, tegasnya.

Ketika ada kemiskinan, maka peran-peran pemberdayaan harus betul-betul kita hadirkan. Ketika nampak ketidak adilan, maka peran-peran sosial yang kemudian harus kita perankan, pungkas Najih.