DPRD Tangsel Dilantik, Pemuda Muhammadiyah Berharap DPRD Kawal Aspirasi dan Komunikasi dengan Warga

DPRD Tangsel Dilantik, Pemuda Muhammadiyah Berharap DPRD Kawal Aspirasi dan Komunikasi dengan Warga
Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Tangsel, H. Eko Purwanto

MONITORDAY.COM - Pelantikan Anggota DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) periode 2019-2024 digelar pada Kamis (29/8). Rapat itu dihadiri Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany dan Wakil Walikota Benyamin Davnie .

Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Tangsel, H. Eko Purwanto menilai terkadang hubungan Dewan Perwakilan Rakyat atau Daerah (DPR/DPRD) dengan masyarakat sebagai konstituennya, setelah dilantik dan menjabat tidak sesuai dengan komitmen saat masa kampanye. Ia memaparkan adanya DPRD karena ada rakyat, maka rakyatlah yang memberikan kekuasaan kepada DPRD. 

"Hubungan antara rakyat dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat baik pusat maupun daerah di Indonesia selama ini tidak jelas alias abu abu. Kalau saja anggota DPR RI dan DPRD itu ingat asal usulnya, sudah semestinya tidak meninggalkan rakyat yang telah menitipkan sebagian kedaulatannya kepada anggota DPR RI dan DPRD," kata Eko kepada wartawan, Kamis (29/8).

Menurut Magister Komunikasi Politik UMJ ini, sudah seharusnya anggota dewan yang terhormat melakukan hubungan yang baik dengan pemilihnya di Daerah Pemilihan (Dapil) mereka dengan caranya masing-masing, yakni diantaranya dengan Ormas dan OKP yang berada di masyarakat.

Sebelumnya, Survei yang dilakukan Centre for Strategic and International Studies ( CSIS) pada Agustus 2017 menunjukkan bahwa hubungan antara DPR/DPRD dengan konstituennya masih rendah. Berdasarkan survei, tercatat masyarakat yang menyampaikan pendapat secara langsung melalui anggota DPR hanya sebesar 5,4 persen dan yang mengaku tidak pernah sebanyak 94,6 persen.

Ia menginginkan supaya para anggota DPRD Tangsel menjalankan tupoksinya dengan baik sampai akhir periode dan tetap menjaga hubungan dengan rakyat.

"Selamat bertugas para anggota dewan perwakilan rakyat daerah Tangerang Selatan, semoga amanah dari rakyat mampu diemban hingga akhir periode. Dan semoga tugas dan fungsi dewan terlaksana dengan baik," tutupnya.