Edukasi Bencana Sejak Usia Dini, Lazismu dan Peace Generation Luncurkan Sekolah Cerdas 2.0 Batch III

Edukasi Bencana Sejak Usia Dini, Lazismu dan Peace Generation Luncurkan Sekolah Cerdas 2.0 Batch III
Edukasi Bencana Sejak Usia Dini, Lazismu dan Peace Generation Luncurkan Sekolah Cerdas 2.0 Batch III
Edukasi Bencana Sejak Usia Dini, Lazismu dan Peace Generation Luncurkan Sekolah Cerdas 2.0 Batch III

MONITORDAY.COM - Terletak dalam zona titik api atau ring of fire  gugusan pasifik,  Indonesia memiliki banyak potensi bencana alam yang kerap kali bisa terjadi kapan saja. Mulai dari tsunami hingga erupsi gunung berapi, masyarakat Indonesia sudah pernah merasakan dahsyatnya berbagai bencana tersebut.

Oleh karenanya, maka sebagai langkah antisipasi dalam menghadapi mulai dari pra hingga pasca bencana diperlukan edukasi kebencanaan bagi masyarakat terutama bagi generasi masa depan bangsa dari usia dini sejak mengenyam pendidikan dasar. Sehingga dengan ada pendidikan ini, mereka sudah mengetahui langkah dan upaya yang harus dilakukan untuk menyelamatkan diri, keluarga hingga membantu masyarakat yang berada disekitarnya.

Untuk itulah, Peace Generation, Lazismu beserta MDMC (Muhammadiyah Disaster Managemnet Centre) menginisiasi sebuah program berkelanjutan yakni sekolah CERDAS (Ceria, Damai dan Siaga Bencana).

Program ini diperkenalkan sebagai solusi terintegrasi yang menyiapkan sekolah dari risiko bencana alam dan bencana sosial. Pada 2017, Sekolah CERDAS terselenggara di Jawa Tengah. Sedangkan pada 2018 hingga 2019, Sekolah CERDAS 2.0 memperluas jangkauannya di beberapa daerah di Indonesia, di antaranya Cianjur, DIY, Surabaya, NTT dan Maluku.

Saat ini, Sekolah CERDAS memasuki periode ketiga dan diproyeksikan terselenggara di wilayah Bandung Raya, mencakup Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kota Bandung. Terdapat 17 sekolah penerima manfaat program yang dipilih berdasarkan rekomendasi Dinas Pendidikan di setiap Kabupaten/Kota.

Periode ketiga ini akan berlangsung selama kurun waktu 3 bulan terhitung dari September hingga November 2019.

Dalam rangka menyambut program pada periode ketiga, Sekolah CERDAS bekerjasama dengan Lazismu menyelenggarakan kegiatan ‘Launching Sekolah CERDAS 2.0 Batch III”. Kegiatan ini akan digelar pada Minggu, 1 September 2019 bertempat di Car Free Day (CFD) Dago Kota Bandung.

 

Terdapat beberapa aktivitas yang bisa diikuti oleh pengunjung pada pukul 06.00 - 11.00 WIB, di antaranya bermain boardgame “Bencana”, bermain ular tangga, simulasi gunung meletus, photo booth dan booth informasi.

Dalam kegiatan tersebut, pengunjung juga dapat berkontribusi dengan berdonasi melalui situs http://bit.ly/donasisc2. Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat semakin mengenal program Sekolah CERDAS.

Lebih lanjut, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan mitigasi bencana sejak dini.

Dalam peluncuran ini Lazismu Pusat juga memberikan bantuan berupa 50 paket school kit yang diserahkan kepada Lazismu Jabar dan SD Muhammadiyah Sukajadi.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai Program Sekolah CERDAS, silakan menghubungi: Qorry Aina (Program Coordinator) 0896-5116-5316  atau kunjungi PeaceGeneration Indonesia di Jalan Cijagra No. 48, Lengkong, Kota Bandung, 40265 Tlp. (022) 7323101