Episode Dagang AS dan China Tak Kunjung Usai, Harga Minyak Dunia Turun 1%

Episode Dagang AS dan China Tak Kunjung Usai, Harga Minyak Dunia Turun 1%
Ilustrasi

MONITORDAY.COM - Perang dagang yang tidak kunjung usai antara Amerika Serikat (AS) dan China berimbas pada melemahnya ekonomi global, harga minyak dunia turun 1% pada Selasa, (03/9).

Melansir dari Reuters, minyak mentah AS CLc1 turun 65 sen atau 1,19% pada US$ 54,45 per barel pada 0857 GMT, sementara Brent LCOc1 turun 47 sen pada $ 58,19 per barel.

AS akan memberlakukan tarif 15% untuk berbagai barang Cina. Sama halnya dengan AS, Cina juga mengenakan bea baru pada daftar produk AS dengan target $ 75 miliar.

Perang dagang akan memperdalam kondisi yang telah memanas selama lebih dari setahun. Presiden AS, Donald Trump mengatakan kedua belah pihak masih akan bertemu untuk melakukan pembicaraan pada akhir bulan ini.

Menurut Trump, tujuan dari pemberlakukan tarif impor tersebut untuk mengurangi ketergantungan AS pada barang China. Dia pun mendesak perusahaan-perusahaan Amerika untuk mencari pemasok alternatif di luar negeri tirai bambu itu.

Pada Agustus produksi minyak dari negara-negara OPEC naik dan menjadi kenaikan pertama pada tahun ini. Kenaikan ini dikarenakan pasokan yang lebih tinggi dari Irak dan Nigeria melebihi pengekangan oleh Arab Saudi dan kerugian yang disebabkan oleh sanksi AS terhadap Iran.