Evaluasi Debat Perdana Pilpres, KPU Pastikan Tak Beri Kisi-kisi di Debat Berikutnya

Evaluasi Debat Perdana Pilpres, KPU Pastikan Tak Beri Kisi-kisi di Debat Berikutnya
Komisioner KPU Wahyu Setiawan

MONITORDAY.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak lagi memberikan kisi-kisi kepada calon presiden dan wakil presiden dalam debat pilpres selanjutnya. Hal ini merupakan hasil dari evaluasi debat perdana capres cawapres tanggal 17 Januari 2019 yang lalu.

"KPU RI berupaya mengartikulasikan harapan publik sehingga untuk debat berikutnya abstraksi soal yang dibuat panelis tidak diberitahukan kepada kandidat," Kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/1/2019).

Wahyu mengatakan, debat perdana dengan tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme tampaknya belum memenuhi harapan publik. "Dari hasil evaluasi, salah satu penyebabnya terletak pada format dan mekanisme debat yaitu pemberian kisi-kisi soal kepada kandidat," papar Wahyu.

KPU akan menggelar empat debat Pilpres lagi sebelum pemilihan pada 17 April 2019. Debat kedua akan membahas tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Peserta debat kedua ini hanya calon presiden.

Debat ketiga hanya akan diikuti calon wakil presiden untuk membahas isu pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. Dalam debat keempat, kedua calon presiden akan kembali beradu gagasan soal ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan serta hubungan internasional.

Debat terakhir akan digelar dengan tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan dan industri. Di debat terakhir ini, calon presiden dan wakil presiden akan beradu gagasan bersama.