Fahri Hamzah: Rekonsiliasi Tak Akan Selesai Hanya Dengan Pemulangan Rizieq

Fahri Hamzah: Rekonsiliasi Tak Akan Selesai Hanya Dengan Pemulangan Rizieq
Fahri Hamzah.

MONITORDAY.COM - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah melihat rekonsiliasi antara kubu Jokowi dengan kubu Prabowo Subianto, tidak selesai dengan hanya dengan pemulangan Rizieq Shihab. Ia menyabut, bila ingin rekonsiliasi, maka harus dilakukan dengan total.

"Ini rekonsiliasi mau dilihat berapa luas? Rekonsiliasi itu pengertiannya adalah kita meletakkan kembali akar konflik kita," kata Fahri Hamzah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Ia berpendapat, Presiden Jokowi harus melacak akar atau awal mula terjadinya perpecahan di masyarakat. Misalnya, apabila pembelahan masyarakat dimulai dari kasus Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, cara rekonsiliasinya akan diketahui bagaimana cara.

"Seberapa luas dan seberapa jauh, kita yang mutuskan. Kalau akar konflik dianggap dari kasus Ahok dulu, ya sudah itu termasuk di dalamnya. Silakan saja, itu semua ada konsekuensinya," tutur Fahri.

Menurut Fahri, konflik akan berlangsung berkepanjangan bila tindak rekonsiliasi tidak total atau dicari akar permasalahannya.Upaya apa pun yang dilakukan tidak akan efektif menyelesaikan pertentangan di masyarakat.

"Presiden harus berani melacak akar dari konflik dua calon kemarin, yang sebenarnya sudah dimulai di DKI, mulai pilpres (2014) lalu."pungkasnya.