Fans Newcastle United Indonesia Salurkan Bantuan Korban Bencana Palu Lewat Lazismu

Fans Newcastle United Indonesia Salurkan Bantuan Korban Bencana Palu Lewat Lazismu
Penyerahan bantuan dari Pihak ITA kepada Lazismu untuk korban bencana Palu/foto: istimewa

MONITORDAY.COM - Wadah suporter kesebelasan Newcastle United yang berbasis di Indonesia, memanggil seluruh fansnya untuk mengumpulkan bantuan kepada para korban gempa dan tsunami di Palu dan sekitarnya.  

Seperti dikatakan Agung T. Prawoto, salah seorang fans berat Newcastle United asal Indonesia menceritakan bahwa baru-baru ini komunitas yang dinamai Indonesia Toon Army (ITA) ini, melakukan galang dana berupa aksi sosial dengan melakukan pelelangan Jersey klub asal negeri pangeran itu. 

"Ada banyak Jersey yang dilelang secara online, katanya. Antara lain model “baju perang” klub yang diburu para penggemarnya. Di mata pecinta klub ini, tidak ada kata “injury time” melainkan harus ada agregat antara nonton bola dan aksi sosial," tutur Agung.

Agung mengungkapkan, program penggalangan dana dari Indonesia Toon Army untuk gempa Palu dilakukan dalam dua tahap. Pertama dilakukan pada awal Oktober dengan pengalangan langsung, dan berhasil terkumpul sebesar Rp 4.800.014.

Dana yang terkumpul langsung diserahkan ke Lazismu pada 12 Oktober 2018. Tahap kedua, penggalangan dana dikumpulkan dengan cara lelang pernak-pernik Newcastle United, mulai dari Jersey sampai figure pemain kesayangan (action figure) Newcastle United. 

“Dari hasil lelang itu, berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 2.180.000 yang diserahkan kembali melalui Lazismu pada 2 November 2018,” ungkapnya.

Agung tak menyangka, aksi dribbling sosial ini disambut antusias dengan bantuan juga dengan sundulan sosial komunitas lain. Ia mengatakan, bahwa ini kali pertama ITA bekerjasama dengan Lazismu. Karenanya berharap semoga bisa berlanjut kedepannya, karena ITA memiki program sosial rutin yang dihelat secara rutin lewat pertmuan nasional setiap 2 tahun sekali. 

“Melalui lelang amal ini adalah wujud gerakan filantropi dari insan pencinta olahraga sepakbola,” pungkasnya.

Sementara Ketua ITA, Rangga Yudha, mengatakan, komunitas ini gabungan suporter Newcastle United yang ada di Indonesia, yang bersifat non politis dengan mengedepankan persaudaraan serta kekeluargaan. Selain itu, ITA juga mengedepankan nilai-nilai kemanusian.

“Tujuannya yang diimplementasikan dalam setiap program kegiatan sosial salah satunya penggalangan dana untuk gempa dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah,” tegasnya.