Fashion Show LKS SMK Sedot Antusiasme Pengunjung

Fashion Show LKS SMK Sedot Antusiasme Pengunjung
Peserta lomba fashion show LKS SMK 2019, di Jogja Ekspo Center, Kamis (11/7)

MONITORDAY.COM - Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) memasuki hari keempat. Pengunjung semakin ramai dan antusias menyaksikan setiap perlombaan yang digelar. Salah satunya di arena lomba fashion show.

Dalam perlombaan bertema "Indonesia Sebagai Pusat Busana Muslim Dunia" itu, pengunjung dengan antusias menyaksikan setiap peragaan busana hasil rancangan para peserta dari SMK.

Ana, salah satu pengunjung yang hadir mengatakan, pertunjukan tersebut cukup menarik karena menyaksikan bagaimana karya dari anak-anak muda yang kreatif. Ia pun mengapresiasi hal itu karena juga sebagai kampanye memperkenalkan busana muslimah.

"Menurut saya cukup menarik karena kelas dua SMK saja sudah bisa membuat semacam itu," ujar dia, di sela-sela perlombaan, di Jogja Ekspo Center, Kamis (11/7).

Terkait tema, salah satu guru SMK 6 Yogyakarta itu sangat setuju karena Indonesia sebagai negara dengan mayoritas muslim harus memaksimalkan potensi yang ada.

"Indonesia saat ini banyak yang berhijab, apalagi sudah banyak fashion show berhijab, serta sudah banyak artis juga yang memperkenalkan fashion muslimah kan, semoga ini menjadi identitas busana Indonesia," tutur dia.

Ana berharap, dengan perkembangan fashion muslimah, masyarakat Indonesia bisa berfikiran terbuka terkait bagaimana menutup aurat sebagai kewajiban seorang muslim, namun tetap menuruti fashion yang berkembang.

Eka, salah satu pengunjung lain mengaku cukup tertarik melihat fashion muslimah itu karena dirinya sebgai siswa SMK jurusan busana menjadi bahan referensi pengetahuan tentang fashion muslimah.

"Karena saya juga dari jurusan busana, jadi untuk menambah motivasi buat tambah-tambah inspirasi juga untuk saya sendiri. Karena saya juga pernah ikut kompetisi sebagai desainernya," tutur Siswi SMKN 1 Depok itu.

Sementara Andini salah seorang pengunjung lain mengaku senang jika fashion muslimah sudah mulai ditekuni oleh siswa-siswi SMK. Menurut dia, hal itu penting sebagai bibit untuk fashion muslimah di Indonesia. 

"Bagus, mereka sudah mulai belajar bagaimana merancang busana muslimah, tentunya ini merupakan potensi yang harus dikembangkan dan diapresiasi," ujar dia.