Gelar Rakernas, FKTI Rencanakan Banyak Adakan Kejuaraan Nasional

Gelar Rakernas, FKTI Rencanakan Banyak Adakan Kejuaraan Nasional
Rakernas FKTI Periode 2019-2023, di Grand Asrilia hotel, Bandung Jawa Barat, Sabtu (13/7).

MONITORDAY.COM - Federasi Karate Tradisional Indonesia (FKTI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengurus Besar periode 2019/2023. Acara tersebut digelar setelah sebelumnya dilantik pada Sabtu (13/7), di Grand Asrilia hotel, Bandung Jawa Barat.

Ketua Umum FKTI, Muchlas Rowie mengatakan, dalam rakernas kali ini akan dibahas beberapa hal kerkait kerja-kerja yang akan dilakukan dalam satu periode kedepan. Salah satunya, FKTI kedepan akan banyak menggelar kejuaraan - kejuaraan tingkat nasional. 

"Jadi kejuaraan dan pertandingan adalah ruh dari organisasi Keolahragaan. Karenanya nanti kita bahas bagaimana kejuaraan-kejuaraan itu kita helat dalam satu periode kedepan," ujar Muchlas, saat pembukaan acara Rakernas.

"Para Koordinator daerah juga harus banyak menggelar kejurda (Kejuaraan daerah), agar dicari anak-anak didik FKTI yang potensial mulai dari daerah," sambung dia.

Selain itu, Muchlas mengatakan, dalam rakernas tersebut juga akan dibahas terkait branding organisasi, agar FKTI bisa eksis dan lebih dikenal masyarakat luas. Menurut dia, Karate Tradisional merupakan entitas yang unik yang sebenarnya mempunyai nilai tambah dibanding Karate pada umumnya.

"Jadi Karate itu tidak hanya bela diri, tapi juga mempunyai nilai seni dan filosofi. Dan Karate tradisional mempunyai semuanya. Karenanya kedepan FKTI juga harus bisa membentuk karakter akak bangsa melalui nilai-nilai yang ada di dalamnya," tuturnya.

Muchlas mengaku, sebenarnya Ia juga tidak mengikuti perkembangan FKTI dari periode sebelumnya. Baik dari segi administrasi, struktural, hingga pendanaan. Karenanya, Ia berkomitmen kedepan akan melakukan beberapa langkah terkait perbaikan-perbaikan dalam organisasi.

Lebih lanjut, Muchlas berharap, kedepan pemerintah juga dapat mengakui FKTI sebagai organisasi yang menaungi olahraga Karate di Indonesia selain FORKI. "Jadi kita juga bicarakan agar bagaimana kedepan pemerintah menempatkan FKTI juga sebagai Federasi yang menungi olahraga Karate," ungkapnya.