Gempa Berkekuatan M 7,7 Guncang Maluku Tenggara, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang

Gempa Berkekuatan M 7,7 Guncang Maluku Tenggara, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang
Ilustrasi foto: BMKG

MONITORDAY.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut adanya gempa bumi berkekuatan 7,4 magnitudo mengguncang Kota Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku, Senin (24/6) pagi.

Seperti dalam siaran pers BMKG, disebutkan bahwa gempa ini dirasakan di beberapa wilayah di Indonesia, terutama daerah timur. 

"Seperti daerah Tual, Subawa dan Sorong, Dobo, Alor, Fak-Fak dan Kupang II-III MMI, Manokwari, Bima, Dompu, Banda, Waingapu, Ambon, Bula, Nabire, Merauke, Denpasar, dan Puncak Jaya," demikian dituliskan siaran pers BMKG. 

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Serta disebutkan BMKG bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 10.13 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. BMKG mengimbau agar tetap berpegang pada berita resmi agar tidak terjadi simpang siur pemberitaan. 

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tulisnya.