Gol Terbaik Zakaria Bakkali, Anderlecht 2 - 2 Fenerbahche

Gol Terbaik Zakaria Bakkali, Anderlecht 2 - 2 Fenerbahche
zakaria bakkali (c) gettyimages

MONITORDAY.COM –  Salah satu goal terbaik pekan ini adalah goal Bakkali ke gawang Fenerbache. Pemain bernomor punggung 99 yang melambangkan asmaul husna ini mampu menyelamatkan muka Anderlecht. Zakaria Bakkali yang lahir pada 26 Januari 1996 adalah pemain sepak bola Belgia keturunan Maroko yang kini bermain untuk klub RSC Anderlecht. Nilai transfer terakhirnya sebesar 1,35 juta Euro dari klub lamanya Valencia.  

Dia juga terpilih untuk menjadi bagian tim nasional sepak bola Belgia. Ia menjadi terkenal di liga paling bergengsi di Belanda sebagai pemain termuda sepanjang sejarah dengan mencetak hat-trick, pada usia 17 tahun dan 196 hari.

Pada tanggal 30 Juli 2013 ia mulai merumput dalam  pertandingan kualifikasi Liga Champions antara PSV Eindhoven dan V Zulte Waregem. Skil dan intuisinya sebagai pemain sayap sangat mumpuni. Apalagi saat ini usianya masih 22 tahun. Posisi favoritnya adalah sayap kiri. Namun ia juga bisa berperan di sayap kanan dan gelandang serang.   

Mencetak 7 gol pada 9 pertandingan untuk tim nasional Belgia U17, ia kemudian dipromosikan ke U21s, mendapatkan kepercayaan dari pelatih Johan Walem. Pemain ini sudah merumput di Deportivo La Coruna dan Valencia. Pengalaman di Liga Spanyol sangat berarti bagi karier dan mental bermainnya.

Setelah Bakkali menjalani debut Liga Champions yang luar biasa, pelatih Belgia Marc Wilmots memilih dia dalam skuad 25-orang untuk pertandingan persahabatan melawan Perancis. Karena cedera saat latihan sebelum pertandingan, ia menarik diri dari skuad.

Menjadi pemain dengan dua kewarganegaraan bukan pilihan mudah. Saat itu, ia masih punya pilihan untuk bermain baik untuk Belgia atau Maroko, tetapi pada 7 Oktober 2013 (sesaat sebelum dua kualifikasi Belgia terakhir Piala Dunia 2014) ia secara resmi memilih bermain untuk skuad Belgia.