Google ingin pebisnis UKM Indonesia Bisa Terampil Digital Hingga 2020.

Google ingin pebisnis UKM Indonesia Bisa Terampil Digital Hingga 2020.

MONITORDAY.COM – Sebagai bentuk kepedulian Google terhadap Perekonomian Indonesia, Google mengadakan pelatihan keterampilan digital kepada satu juta usaha kecil menengah (UKM).

Kedepannya, Google ingin pebisnis UKM di Indonesia bisa terampil digital hingga 2020.

" Pada hari ini kami mengumumkan komitmen baru untuk melatih satu juta lagi UKM hingga 2020,” kata Managing Director Google Indonesia, Randy Mandrawan Jusuf, di Jakarta, Kamis 6 Desember 2018.

Menurutnya lebih dari 50 persen masyarakat Indonesia mengakses internet dan startup Indonesia bangkit.

“ Negara ini sedang berancang-ancang menjadi kekuatan digital yang besar,” jelas dia.

Head of Marketing Google Indonesia, Veronica, mengatakan setiap orang di Indonesia harus punya kesempatan yang sama untuk menggunakan internet secara optimal.

Untuk itu, Google fokus mengoptimalkan keberadaan UKM di Indonesia agar terlibat jauh dalam penggunaan teknologi di masa depan.

Veronica mengatakan pelatihan ini juga menyasar kepada jurnalis.

"Tak hanya itu, kami juga telah melatih 2.000 jurnalis di 22 kota tersebar di Indonesia. Pada tahun depan, targetnya 3.000 jurnalis dapat Google latih," tuturnya.

Veronica juga ingin jurnalis bisa terlatih fast checking dan verifikasi informasi lebih baik. Sebab, saat ini ada hoax di mana-mana.

Pada acara tahunan Google For Indonesia ketiga ini, Google mengumumkan berbagai produk dan kemitraan yang akan membantu masyarakat Indonesia dalam ekonomi digital.

Produk-produk itu antara lain Jobs on Google Search, Google Go, dan Asisten Google di WizPhone yaitu ponsel kelas menengah pertama buatan Indonesia yang sudah dilengkapi dengan Asisten Google.