Gunakan Bahasa Isyarat Saat Buka Asian Para Games 2018, Hasto: Presiden Jokowi Tunjukkan Kepeduliannya Pada Kaum Difabel

Gunakan Bahasa Isyarat Saat Buka Asian Para Games 2018, Hasto: Presiden Jokowi Tunjukkan Kepeduliannya Pada Kaum Difabel
Presiden Jokowi dalam Pembukaan Asian Para Games 2018/Net

MONITORDAY.COM - Gelaran pembukaan acara Asian Para Games 2018 dihadiri oleh Pejabat tinggi negara, dalam dan luar negeri. Seperti pada acara Asian Games 2018, Presiden Jokowi pun memberi sambutan dan pidatonya dalam pembukaan Asian Para Games 2018.

Namun ada yang berbeda dengan pidato Jokowi pada gelaran Asian Para Games 2018 semalam, pasalnya, Presiden Jokowi menggunakan bahasa isyarat dalam pidatonya untuk berkomunikasi dengan ribuan atlet difabel Asian Para Games 2018.

Aksi Presiden, ternyata menjadi perbincangan banyak orang, Jokowi bukan hanya membuat bangga masyarakat Indonesia, tetapi mendapatkan banyak pujian dari masyarakat internasional.

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto juga ikut berkomentar, Hasto menjelaskan bahwa aksi Presiden Jokowi dengan menggunakan bahasa isyarat dalam pidatonya mesti mendapat pujian, karena Jokowi ingin menunjukkan kepedulian terhadap kaum difabel.

"Presiden Jokowi menggunakan bahasa isyarat sebagai bentuk dukungannya kepada kaum difabel," jelas Hasto dalam keterangan tertulisnya, (7/10)

Selain pidatonya yang menakjubkan, berkomunikasi dengan bahasa isyarat, Presiden Jokowi pun membuat aksi luar biasa lainnya, misalnya ketika Presiden Jokowi turun ke panggung, menemui atlet difabel, dan kemudian melepaskan busur panah yang diarahkan ke tulisan "DISABILITY" dan Presiden mengubah tulisan itu menjadi "ABILITY". Pertunjukkan yang lagi-lagi tidak mudah ditebak dan menambah kesan takjub khususnya seluruh penonton di GBK.

"Ini tidak sekadar atraksi yang menghibur. Presiden menggulung lengan kemeja sebelum memanah. Presiden Jokowi ingin memberi motivasi bagi semua penyandang difabel bahwa banyak hal positif yang bisa dan mampu dilakukan termasuk menciptakan prestasi meski kondisi tubuh tak sempurna. Ini sejalan dengan semangat kerja, kerja, dan kerja yang dikampanyekan Presiden Jokowi," Jelas Hasto.

Menurutnya, pembukaan Asian Para Games 2018 menyalurkan pesan kemanusiaan dan memberikan pemahaman mengenai disability. Kaum difabel punya kekurangan tapi sekaligus juga memiliki kelebihan. Untuk itulah Presiden dengan aksinya menunjukkan bahwa kaum disabilitas itu Ability (mampu).

 

Reporter: Ardhiansyah

Editor: Ma'ruf Mutaqien