Hal Penting yang Harus Diperhatikan Relawan Balad Jokowi Menjelang Pilpres 2019

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Relawan Balad Jokowi Menjelang Pilpres 2019

MONITORDAY. COM - Relawan Balad Jokowi diminta untuk terus melakukan upaya pencegahan hoaks yang diproduksi untuk mendelegitimasi pasangan Jokowi-Ma'ruf. Para relawan juga diminta untuk tidak ikut memproduksi hoaks dalam memenangkan pasangan nomor urut 01 itu. 

Hal tersebut dikatakan oleh Dewan Pembina Relawan Balad Jokowi, Dani Setiawan dalam acara Rapat Kordinasi Balad Jokowi, se-Jawa Barat-Banten, yang digelar Kamis (10/1), di Oase Amir Hotel, Senen, Jakarta Pusat. 

Dani mengatakan saat ini banyak sekali fitnah yang ditujukan kepada Jokowi. Seperti isu PKI yang saat ini masih saja dituduhkan kepada mantan Walikota Solo itu. 

"Padahal pada saat PKI dibubarkan Pak Jokowi baru berusia 4 tahun. Kemudian ada juga foto ketua PKI DN Aidit sedang berpidato ada Jokowi di depannya. Itu semua hoaks yang dibuat untuk memfitnah pak Jokowi," tuturnya. 

Menurut Dani, masih banyak berita hoaks yang diproduksi oleh lawan politik Jokowi untuk meraup dukungan politiknya. Seperti, diantaranya fitnah Jokowi anti Islam, kriminalisasi ulama, serta juga hoaks tentang tingginya angka kemiskinan yang mencapai 90 persen. 

Karena itu, kata Dia, Para Relawan Balad Jokowi diminta untuk meluruskan berita-berita tersebut kepada masyarakat. Agar masyarakat tahu fakta yang sebenarnya dan tidak menelan mentah informasi yang menyesatkan. 

Selain soal hoaks, Dani juga meminta agar para relawan di setiap daerahnya masing-masing untuk membuat target kecil di daerahnya, sesuai dengan permasalahan yang ada di daerah masing-masing. 

"Serta juga menunjukan keberhasilan program pemerintah yang dirasakan oleh masyarakat di tempat para relawan masing-masing," tambahnya. 

Senada dengan itu, M. Riza Damanik, Anggota Staff Kepresidenan, yang juga menjadi pembicara dalam acara tersebut mengatakan, bahwa Jokowi sebagai petahana mempunyai tantangan yang besar. Salah satunya yaitu tantangan banyaknya hoaks yang ditujukan pada hasil kinerja pemerintah. 

"Jangan sampai, dengan adanya hoaks yang diproduksi oleh lawan politik Jokowi, para pendukung pasangan petahana juga ikut-ikutan menyebar hoaks," tuturnya. 

Selain itu, yang terpenting, kata Riza, adalah para relawan Balad Jokowi juga harus menguasai program-program dan keberhasilan pemerintah, supaya masyarakat tahu gagasan pemerintahan Jokowi yang telah terlaksana dalam bentuk kinerja dan juga keberhasilan yang diraih. 

"Program pemerintah yang telah terlaksana penting untuk disampaikan. Relawan Balad Jokowi harus menguasai keberhasilan-keberhasilan itu," ujar Riza.