Hari Kedua Rakor BaladJokowi Semakin Panas

Hari Kedua Rakor BaladJokowi Semakin Panas

MONITORDAY.COM- Koordinasi para relawan dan tim kampanye mulai menguat memasuki pekan kedua Januari 2019. Di hari kedua Rapat Koordinasi Relawan Balad Jokowi yang berlangsung di Hotel Oasis Amir Jakarta pada 9-10Januari 2019 peserta yang datang dari berbagai daerah di Jabar dan Banten dibekali dengan Training of Trainers Strategi Kampanye Pilpres.

“Kami membekali para relawan dengan Buku Panduan dan ToT. Ini komitmen kami untuk mendorong pendidikan politik dan kampanye positif sebagai bagian dari upaya mendewasakan kehidupan demokrasi,” kata Muchlas Rowie, Koordinator Pusat Balad Jokowi (10/1/2019) saat ditemui di arena Rakornas komunitas tersebut.

Menurut Muchlas, militansi dan solidaritas antar relawan yang berhasil dibangun harus ditingkatkan dan dipelihara. Ditambah lagi dengan pengembangan kapasitas para relawan dalam menjalankan agenda strategis dan taktis untuk memenangkan pasangan nomor urut 01. “Setiap Relawan Balad Jokowi harus faham apa yang harus dilakukan. Ukuran capaiannya juga harus jelas, “ kata Muchlas.

Sementara Ma’ruf Muttaqin, Sekjen Balad Jokowi, memberikan penekanan pada perlunya database yang rapi, komunikasi yang terjalin dengan baik antar simpul relawan, dan pentingnya manajemen kampanye modern. Dengan peluncuran aplikasi baladjokowi.id maka potensi relawan yang sudah mencapai 10 ribu orang bisa dimaksimalkan.

Dalam Rakor ini para peserta terlihat kritis dalam mendikusikan banyak hal terkait substansi maupun metode kampanye yang berlangsung selama ini. Banyak isu menyangkut progam pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sebagainya yang dibahas bersama fasilitator dan narasumber kompeten.  

Menurut Ma’ruf, setiap perwakilan koordinator daerah menyampaikan kondisi dan tantangan yang dihadapinya. Banyak pengalaman yang bisa dibagi dan bermanfaat bagi relawan lainnya. Sementara dalam pemanfaatan media sosial, para relawan mendapatkan pembekalan seputar strategi marketing politik dan pemanfaatan aplikasi.

“Semua langkah ini hanya akan berarti bila dilanjutkan dengan menjalankan program yang telah diputuskan. Saya akan mengawal realisasi dan implementasinya hingga akar rumput. Termasuk dengan keliling dan menginap di setiap korda, “ pungkas Muchlas.   

.