Harian Terkemuka Singapura, Straits Times Berikan Penghargaan Internasional Kepada Jubir BNPB, Sutopo Purwo Nugroho

Harian Terkemuka Singapura, Straits Times Berikan Penghargaan Internasional Kepada Jubir BNPB, Sutopo Purwo Nugroho

MONITORDAY.COM – Jubir Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho peroleh penghargaan internasional The First Responders 2018 dari harian terkemuka Singapura, Straits Times, bersama tiga pejuang kemanusiaan dalam bencana alam dan dua lembaga bantuan bencana alam. 

Tiga orang selain Sutopo yang diberikan penghargaan ini yakni Ng Kok Choong asal Singapura yang melakukan pertolongan bencana dalam bencana alam di Sulawesi Tengah, pilot AL India P Rajkumar dan Vijay Varma yang menyelamatkan puluhan orang dalam banjir bandang di Kerala, India.

Dilansir Straits Times, selain empat figur tersebut, penghargaan The First Responders 2018 juga diberikan kepada dua lembaga yakni Singapore's Mercy Relief dan Asean Coordinating Centre for Humanitarian Assitance on Disaster Management yang berbasis di Jakarta.

Penghargaan ini diumumkan pada Rabu, 28 November 2018.

"Orang biasanya secara naluri akan pergi, lari meninggalkan lokasi bencana namun ada orang-orang yang justru berani mempertaruhkan nyawa melawan bahaya demi orang lain. Empat orang ini termasuk dua lembaga telah menunjukkan sisi terbaik dari kalian," dituliskan dalam pengumuman penghargaan tersebut.


Sebelumnya diketahui bahwa The First Responders diawali pada 2012. Penghargaan ini terus diberikan mengingat selalu ada fugur-figur yang berani dan tak kenal lelah berbuat untuk memperbaiki dampak buruk bencana.