Harumkan Nama Bangsa, Kader IMM Wakili Indonesia Di Asia Youth International Model United Nation

Harumkan Nama Bangsa, Kader IMM Wakili Indonesia Di Asia Youth International Model United Nation
Cinda Amilia Rahman Delegasi Indonesia di AYIMUN (Fhoto/Ist)

MONITORDAY.COM - Satu lagi anak bangsa mengarumkan nama Indonesia di ajang kegiatan Internasional dalam Konferensi Internasional di Kota Putrajaya, Malaysia. Cinda Amilia Rahman, namanya.

Cinda Amilia Rahman menjadi satu-satunya delegasi dari Gorontalo yang mewakili Indonesia pada kegiatan Asia Youth International Model United Nation (AYIMUN). Konferensi tingkat Internasional tersebut merupakan sidang simulasi Persatuan Bangsa Bangsa (PBB).

Cinda yang mewakili Indonesia menggunakan  kesempatan baik ini untuk dirinya memperkenalkan budaya dan adat istiadat daerah Gorontalo dan Indonesia dihadapan para peserta lainnya.

"Alhamdulillah, ini capaian yang luar biasa. Bisa bergabung bersama orang-orang hebat. Senang rasanya dapat berbagi pengetahuan dan bertukar pikiran tentang kebudayaan masing-masing,” kata Cinda dalam pesan singkat, Jakarta, Kamis (29/8).

Menurut Cinda, Konferensi Internasional AYIMUN menuntut kemampuan public speaking yang baik. Berbahasa Inggris, bernegosiasi, berdebat dan pengetahuan terkait Negara.

“Ini tantangan generasi muda kedepan, bahwa kita harus siap dan cepat menyesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini. Walaupun saya bukan berasal dari kota besar namun harus mampu berfikir visioner ketika mengungkapkan gagasan dihadapan orang-orang hebat dari 80 negara itu ,” ungkapnya.

Perlu diketahui, Cinda Amilia Rahman merupakan mahasiswa semester akhir di Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo) ternyata sangat aktif berorganisasi. Buktinya, selain aktif sebagai kader IMM, ternyata Ia merupakan Ketua BEM Fakultas Ilmu Budaya Periode 2018-2019.

“Ilmu yang sangat berharga terkadang didapat dari luar kampus. Salah satunya kegiatan seperti ini, dan di lingkungan organisasi. Karena dengan berorganisasi kita akan dibentuk pola pikir yang semestinya sebagai mahasiswa,” lanjutnya.

Sebelum berangkat ke Putrajaya, Malaysia. Cinda awalnya mengikuti kegiatan Duta Bahasa Nasional di Jakarta. Mewakili Provinsi Gorontalo, Cinda dipertemukan orang-orang dari 30 Provinsi Duta Bahasa yang mewakili daerahnya masing-masing.