Hasil Survei Terbaru Indopoling Network, Jokowi Unggul Telak Dibanding Prabowo

Hasil Survei  Terbaru Indopoling Network, Jokowi  Unggul Telak Dibanding Prabowo
Calon Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto

MONITORDAY.COM - Kurang dari seminggu jelang Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden, Lembaga Survei Indopolling Network menyampaikan berdasarkan temuan surveinya, elektabilitas pasangan Calon Presiden (Capres) 01 Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin saat ini jauh mengungguli pasangan Capres 02 Prabowo – Sandiaga Uno.

Hal itu disampaikan Direktur Indopolling Network, Wempy dalam paparannya di acara diskusi publik dengan tema : “ Peta Elektoral Pemilu : Jelang Final, Siapa Terpental ?  ” pada 12 April 2019, bertempat di Upnormal Caffee, Cikini, Jakarta Pusat.

“Pada simulasi kertas suara, elektabilitas pasangan Capres 01 mencapai  57,4%. Untuk elektabilitas pasangan Capres 02 hanya sebesar 32,5%. Potensi pemilih yang belum menentukan pilihan (undecided voters) tersisa sebesar 10,1%,” ungkapnya.

Kalau dilihat jarak elektabilitas antara pasangan Capres 01 dengan 02 sangat lebar. Selisih elektabilitas diantara keduanya lebih dari 20%, dan selisih ini cukup signifikan. “kalau tidak ada kejadian luar biasa sampai hari H pemilihan, pasangan Capres 01 berpotensi memenangi kembali pilpres 2019," lanjut Wempy.

Survei ini dilakukan pada tanggal 3-8 April 2019 dengan metode Multistage Random Sampling. Jumlah Sampel sebanyak 1080 responden dengan margin of error 2,98 pada tingkat kepercayaan 95%.