Heboh! Beredar Video Ketua Pemuda Minang Minta Maaf ke Ma'ruf Amin Soal Islam Nusantara

Heboh! Beredar Video Ketua Pemuda Minang Minta Maaf ke Ma'ruf Amin Soal Islam Nusantara
Screenshot video Ketua Pemuda Minang, Muhammad Rafik dalam sebuah dialog bersama Ma'ruf Amin

MONITORDAY.COM - Beredar potongan video Ketua Umum Ikatan Pemuda Pemudi Minang Indonesia (IPPMI), Muhammad Rafik yang meminta maaf secara langsung di hadapan Cawapres Ma'ruf Amin.

Dalam video berdurasi 1 menit 37 detik itu, Rafik minta maaf atas pernyataan mengatasnamakan Minang  yang menyerang Ma'ruf Amin soal Islam Nusantara.

Rafik setuju dengan pandangan Islam Nusantara. Ia menyebut bahwa Islam masuk ke Indonesia dengan jalan damai sesuai dengan kearifan lokal.

Saat dikonfirmasi, Muhammad Rafik membenarkan, dirinya yang ada dalam potongan video tersebut, Ia menjelaskan, pernyataannya tersebut disampaikan dalam sebuah diskusi di pondok pesantren An-Nawawi, Tanara, Serang pada Minggu (30/9/2018). 

"Iya, benar," kata Rafik di Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Berikut kutipan isi pernyataan Muhammad Rafik dalam video tersebut;

"Bahwa hari ini saya atas nama pemuda Minang menyatakan maaf kepada Abah (Ma'ruf Amin) terkait statement-statement yang mengatasnamakan Minang kemarin di Sumatera Barat banyak menyerang Abah  dengan polemik isu Islam Nusantara. Saya minta maaf mewakili etnis Minang dan kebetulan untuk pemuda Minang saya ketua umumnya".

"Dan kami pemuda Minang sepakat dengan definisi mengenai Islam Nusantara, bahwa Islam itu masuk ke Indonesia dengan damai, melalui kultural kita, local wisdom kita".

"Dan saya pernah mengingatkan ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Sumbar bahwa kita orang Minang juga Islam dengan nuansa Nusantara, Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah".