HNW Sebut Empat Pilar Harus Jadi Rujukan dalam Hadapi Tantangan Era Milenial

HNW Sebut Empat Pilar Harus Jadi Rujukan dalam Hadapi Tantangan Era Milenial
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid/Net

MONITORDAY.COM - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan, cara memaknai perjuangan para pahlawan adalah bagaimana melanjutkan dan menjaga apa yang diwariskan para pahlawan, baik Pancasila, UUD, NKRI, maupun Bhinneka Tunggal Ika.

“Itulah Empat Pilar MPR RI. Artinya, tantangan yang dihadapi saat ini memang sangat beragam. Tapi dalam konteks Indonesia, tantangan itu merujuk pada Empat Pilar," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (13/11/2018).

Menurut Hidayat, prinsip yang telah diwariskan para pahlawan tetap menjadi tantangan. Mencetak pahlawan era sekarang, sambung Hidayat, harus tetap dalam koridor empat pilar.

“Untuk menghadirkan pahlawan-pahlawan di era milenial tetaplah harus merujuk pada Empat Pilar yang menjadi program dari MPR RI," ungkapnya.

Hidayat memberi contoh tantangan tersebut misalnya, apakah Pancasila bisa tetap eksis atau tidak, apakah Indonesia bisa tetap menjadi NKRI atau terbelah.

"Tantangannya apakah Pancasila bisa tetap eksis atau tidak. Pancasila untuk tetap dilaksanakan agar bisa membingkai bangsa dan negara. UUD tetap membingkai konstitusi kita. Tantangan apakah Indonesia tetap menjadi NKRI atau terbelah karena munculnya separatis. Bhinneka Tunggal Ika, dulu beragam, sekarang pun beragam. Sekarang bertambah dengan adanya media sosial, globalisasi," sebutnya.