Hubungan Rusia - Ukraina Memanas Paska Rusia Tangkap Tiga Kapal Militer Ukraina

Hubungan Rusia - Ukraina Memanas Paska Rusia Tangkap Tiga Kapal Militer Ukraina

MONITORDAY.COM – Hubungan Rusia Dan Ukraina mulai menegang setelah Rusia menyita tiga kapal Angkatan Laut Ukraina secara paksa di selat dekat Krimea. Insiden tersebut ternyata memicu kekhawatiran baru diantara kedua negara bahkan menimbulkan konflik dan eskalasi militer.

Selain itu, Angkatan Laut Ukraina telah menuduh Rusia menembaki kapal-kapal mereka di Selat Kerch. Selat ini merupakan sebuah perairan sempit yang memberikan akses ke Laut Azov yang digunakan oleh Ukraina dan Rusia.

"Untuk menghentikan kapal-kapal militer Ukraina, senjata digunakan. Tiga kapal angkatan laut Ukraina ditumpangi dan digeledah," ujar pihak FSB Rusia, Senin, 26 November 2018.

Tak hanya itu, Angkatan Laut Ukraina mengatakan insiden itu terjadi ketika dua kapal perang kecil dan sebuah kapal tunda sedang menuju selat untuk pelabuhan Mariupol. Dikatakan sebuah kapal penjaga perbatasan Rusia menabrak kapal tunda itu dalam 'tindakan agresif secara terbuka' dan kemudian menembaki kapal-kapal itu, membasmi ketiganya.

Ia juga mengatakan Selat Kerch diblokir oleh kapal tanker, dan bahwa pesawat militer Rusia terbang di atas daerah itu. Ukraina mengatakan enam tentaranya terluka, sementara FSB melaporkan hanya tiga yang menderita luka yang mengancam nyawa dan diberi perawatan medis.

"Setelah menerobos pagi ini perbatasan Rusia, tiga kapal Ukraina - Berdyansk, Nikopol dan Yani Kapu - mencoba lagi pada 25 November pukul 19:00 (waktu Moskow) untuk melakukan tindakan ilegal di perairan teritorial Rusia," Kata FSB.

FSB, yang mengawasi layanan penjaga perbatasan, juga mengatakan kapal Ukraina telah gagal menanggapi tuntutan hukum dari pihak berwenang Rusia. Ketiga kapal itu dianggap Rusia hendak 'menciptakan situasi konflik di wilayah ini.'