HUT Bhayangkara, KPU Ucapkan Terima Kasih Kepada Polri Menjaga Pemilu Aman dan Damai

HUT Bhayangkara,  KPU Ucapkan Terima Kasih Kepada Polri Menjaga Pemilu Aman dan Damai
Komisioner KPU RI (Fhoto/Net)

MONITORDAY.COM - Tahapan pemilu 2019 telah berlangsung secara aman dan damai dengan ditetapkan Jokowi - Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Minggu (30/6) setelah Mahkamah Konstitusi membacakan hasil keputusan final terkait sidang sengketa pilpres, Kamis (27/6) lalu. Selain penyelenggara dan peserta Pemilu, pihak keamanan baik TNI dan Polri sangat berperan.

Memperingati hari Bhayangkara ke-73 yang pada hari Senin (1/7), Komisi Pemilihan Umum menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polri karena telah menjaga seluruh tahapan Pemilu 2019 sehingga berlangsung secara aman dan damai. “Komisi Pemilihan Umum mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kepolisian RI menjaga Pemilu Serentak 2019, aman dan damai,” demikian cuitan dalam akun resminya @KPU_ID yang dikutip oleh Monitorday pada Senin (1/7).

Dalam cuitan tersebut, selain menampilkan latar seluruh komisioner KPU RI juga terdapat beberapa dokumentasi aktivitas anggota Polri yang sedang membantu menjaga seluruh tahapan dan persiapan Pemilu 2019. Terlihat dalam fhoto, beberapa polisi sedang membantu pendistribusian logistik pemilu agar sampai ke lokasi TPS dengan berbagi cara. Terlihat dalam fhoto itu, salah seorang Polri dengan tanpa pamrih menyeberangi aliran sungai kecil (kali) sambil memanggul kotak suara bertuliskan ‘KPU’.

 

Dari data yang dirangkum di beberapa sumber, lebih kurang sebanyak 271.880 personel Polri telah ditugaskan untuk mengamankan jalannya seluruh tahapan pemilu 2019 khususnya saat pencoblosan di 805.964 TPS dalam dan luar negeri pada 17 April yang lalu.

Perlu diketahui, setiap tanggal 1 Juli diperingati sebagai Hari Bhayangkara. Tanggal itu ditetapkan sebagai Hari Bhayangkara sejak terbitnya Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D. Djawatan Kepolisian Negara pada tanggal 1 Juli 1946.