Ilhan Omar, Mantan Pengungsi Somalia yang Gunakan Hijab Pertama di  Pemilihan Kongres AS

Ilhan Omar, Mantan Pengungsi Somalia yang Gunakan Hijab Pertama di  Pemilihan Kongres AS

MONITORDAY.COM - Ilhan Omar merupakan satu dari dua perempuan Muslim pertama yang berhasil memenangkan pemilihan penuh dengan jumlah telak di Distrik Kongres ke-5 di Minnesota --kawasan Minneapolis yang sebelumnya diwakili oleh Keith Ellison-- pada Selasa, 6 November 2018 waktu setempat.Ia resmi menjadi anggota Kongres Amerika Serikat (AS) dari Negara Bagian Minnesota.

“Saya Muslim dan saya hitam". Begitulah kalimat Ilhan Omar dalam wawancaranya dengan VOX Magazine, Rabu (07/11/18).

Karir politik Omar tumbuh setelah dia menjadi Ketua NAACP, sebuah organisasi pembela hak sipil masyarakat Afrika-Amerika. Selain itu, dia juga pernah bekerja sebagai penyelenggara kegiatan komunitas lokal, hingga staf bagi dewan kota Minneapolis.

Di 2016, Omar terpilih sebagai anggota badan legislatif Minnesota, membuatnya menjadi warga Somalia-Amerika pertama yang menduduki jabatan tersebut. Dia memutuskan mencalonkan diri sebagai anggota Kongres AS setelah Keith Ellison mundur untuk mengincar posisi Jaksa Wilayah Minnesota.

"Saya adalah satu dari sekian banyak orang yang menginginkan bagaimana sebuah demokrasi diwakili secara seharusnya," kata Omar kepada VOX.

Sebagai politisi progresif, dia mendukung pendidikan gratis di perguruan tinggi, reformasi hukum, maupun permukiman bagi semua warga. Ia menolak kebijakan Trump tentang migran, dan menginginkan penghapusan Otoritas Imigrasi dan Bea Cukai AS (ICE) yang dilaporkan sering menggelar deportasi massal.

"Distrik ini adalah distrik yang sangat optimistis untuk memastikan nilai-nilai progresif penduduknya terwakili (di Kongres)," kata Ilhan Omar.

Sementara itu, Omar diperkirakan akan dilantik sebagai anggota Kongres pada bulan ini, namun kepastian tanggalnya belum ditentukan.

Sumber : VOX