India Larang Kendaraan Pribadi Beroperasi Akibat Polusi

India Larang Kendaraan Pribadi Beroperasi Akibat Polusi
Ilustrasi FOto/Net

MONITORDAY- Penggunaan kendaraan pribadi di New Delhi, India terancam dihentikan Pemerintah India menyusul situasi polusi udara yang kian memburuk serta asap beracun yang menyelimuti sebagian wilayah India bagian Utara termasuk New Delhi.

Menurut data setempat, keadaan tersebut terjadi menjelang musim dingin, hal tersebut dikarenakan para petani setempat membakar sisa hasil panen mereka untuk mempersiapkan musim tanam baru pada November mendatang.

Selain pembakaran tanaman pasca panen oleh para petani, polusi udara kendaraan, dan penurunan kecepatan angin juga menjadi faktor lain penambah tingkat polusi di New Delhi.

Polusi udara di wilayah tersebut diperkirakan akan meningkat, pasalnya pada 7 November mendatang masyarakat India merayakan Hari Diwali dimana akan diselenggarakan pesta kembang api.

Menteri Lingkungan Hidup, Harsh Vardhan mengatakan bahwa kementeriannya dan pemerintah negara bagian Punjab dan Haryana telah mencoba mengurangi pembakaran jerami. Dia juga meminta pemerintah New Delhi untuk terus berusaha membantu menurunkan polusi.

Badan Pusat Pengendali Polusi India menyatakan saat ini tingkat kandungan partikel beracun di New Delhi mencapai 469. Padahal sebelumnya, kandungan racun hanya berada pada angka 299,4.