Indonesia - Arab Saudi Sepakati Kerjasama Bidang Ekonomi Digital

Indonesia - Arab Saudi Sepakati Kerjasama Bidang Ekonomi Digital
Dok. kominfo.go.id

MONITORDAY.COM - Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi sepakat memperkuat kerjasama di bidang ekonomi digital. Kesepakatan ini dilakukan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dan Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Arab Saudi, Abdullah Alswaha. 

Menkominfo Rudiantara mengatakan, pasca penandatanganan MoU yang digelar di Riyadh, Kamis (4/7) itu, Indonesia dan Arab Saudi menyepakati kerjasama terutama terkait umroh. Kedua negara menginisiasi pengembangan Umrah Digital Enterprise.

"Program tersebut diyakini mampu menjadi solusi bersama memecahkan masalah utama di seluruh rantai Umrah," ujar Rudiantara seperti dilansir laman setkab, Kamis (4/6).

Ia menambahkan, dalam hal ini Indonesia patut berbangga dengan dua platform unicorn yaitu Traveloka dan Tokopedia yang ikut ambil bagian sebagai perwakilan industri Indonesia dalam program kerjasama ini.

"Saya percaya ini adalah awal dari kolaborasi kita di ekonomi digital untuk mendukung Visi 2030 Arab Saudi dan juga visi Indonesia yang merupakan ekonomi digital terbesar di ASEAN,” tutur Menkominfo.

Sementara Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Arab Saudi, Abdullah Alswaha, di Riyadh meyakini kesepakatan ini akan menghasilkan hal-hal besar karena Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia mempunyai potensi besar terkait kerjasama ini.

"Saya meyakini kemitraan ini sangat unik dan istimewa. Kami berkolaborasi bersama dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Saya percaya kita bisa melakukan hal-hal yang lebih luar biasa,” ujar dia.

Sebaga tindakan lanjut dari penandatanganan MoU, nantinya sejumlah diskusi teknis akan dilaksanakan oleh kedua negara. Seperti salah satunya melalui pemberdayaan UKM dan ekosistem pendukungnya dalam bentuk pertukaran ahli serta pelatihan.