Indonesia Panen Medali di Ajang WSA, Bukti Lulusan SMK Kian Kompetitif

Indonesia Panen Medali di Ajang WSA, Bukti Lulusan SMK Kian Kompetitif
Kontingen Indonesia berfoto selepas menerima sejumlah medali di ajang WSA, Abu Dhabi.

MONITORDAY.COM – Prestasi membanggakan kembali diraih siswa-siswi dan lulusan SMK di ajang Worldskills Asia (WSA) Competition 2018 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 24 November-1 Desember 2018. Sebanyak 10 kompetitor yang terdiri dari siswa maupun lulusan SMK yang dikirim ke Abu Dhabi, berhasil meraih medali.

Kasubdit Program Direktorat Pembinaan SMK (Dit. PSMK), Arie Wibowo Kurniawan S.Si, M. Ak., mengatakan jika dari 10 bidang yang diikuti, 9 peserta berhasil meraih medali.

“Dari 10 kompetitor dari sisa dan alumni SMK, 9 diantaranya meraih medali. Hanya satu saja dari bidang Car Painting yang tak mendapat medali,” kata Arie.

Menurut Arie, dengan prestasi demi prestasi yang terus diraih para siswa maupun alumni SMK di ajang WSA, Kemendikbud ataupun masyarakat Indonesia diharapkan makin optimis dengan masa depan lulusan sekolah SMK.

“Begini nih jika Industri sudah mendukung SMK, apa pun bisa diraih, gunung dapat didaki, lautan dapat diselami, untuk Indonesia,” ujarnya.

WSA, merupakan ajang kompetisi kaum muda tingkat Asia yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali pada tahun genap. Pengiriman kontingen Indonesia ke ajang WSA 2018 dilakukan Kemendikbud dengan dukungan instansi dan industri. 

Selengkapnya, berikut perolehan medali yang diraih para kontingen Indonesia di ajang WSA:

Medali emas

1. Fashion technology

2. IT software solution for bussines

3. IT network system administration

4. Web Design

5. Electrical instalation

6. Refrigeration and AC

Medali perak

1. Elektronik

2. Auto mobile tech

3. Welding.