Indopoling Network: Jokowi Unggul Di Setiap Wilayah Kecuali Sumatera

Indopoling Network: Jokowi Unggul Di Setiap Wilayah Kecuali Sumatera
Calon Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo/Istimewa

MONITORDAY.COM – Hampir di setiap daerah pasangan calon nomor urut 01 (Jokowi-Ma'ruf) unggul dibanding penantangnya (Prabowo-Sandi). Hal itu temuan dari hasil survei Indopolling Network yang dilakukan tanggal 3-8 April 2019.

Direktur Indopolling Network, Wempy dalam pemaparan hasil surveinya di acara diskusi publik dengan tema : “Peta Elektoral Pemilu : Jelang Final, Siapa Terpental? ” bertempat di Upnormal Caffee, Cikini, Jakarta Pusat mengatakan, Jokowi memperoleh dukungan hampir di semua Zona, Kecuali Zona Wilayah Sumatra.

“Dari sisi sebaran dukungan, pasangan Capres 01 unggul di hampir semua Zona Wilayah, kecuali zona wilayah Sumatera. Di Zona Wilayah Sumatera, elektabilitas pasangan Capres 01 masih tertinggal dari 02. Di wilayah tersebut, elektabilitas Capres 01 baru sebesar 45,0%. Untuk pasangan Capres 02 sebesar 48,2%,” ungkap Wempy, Jum’at (12/4).

Kemudia Wempy juga menyampaikan, keunggulan Capres nomor urut 01, paling tinggi di zona wilayah Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

”Zona wilayah yang memberikan kontribusi kemenangan terbesar bagi pasangan Capres 01 meliputi zona wilayah Jateng, Jatim dan DIY. Di Zona wilayah tersebut, elektabilitas pasangan Capres 01 hingga mencapai 79,1%. Sedangkan elektabilitas pasangan Capres 02 hanya sebesar 15,3%,” jelasnya.

Kemudian di wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua, Jokowi memperoleh dukungan sebesar 65.5% dan Prabowo 24.5%. Setelah itu dukungan terbanyak ketiga terhadap Pak Jokowi  itu di wilayah Bali, NTT, NTB dan Kalimantan sebesar 55.0% sedangkan dukungan untuk Prabowo di wilayah tersebut sebesar 37.9%.

Dan begitupun di wilayah Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat Jokowi unggul, Namun di wilayah tersebut Jokowi unggul tipis dengan Prabowo. Dukungan terhadap Jokowi sebesar 41.0% dan 40.0% dukungan untuk Prabowo.