Ingin Menulis Novel Tapi Bingung? Kamu Bisa Ikuti Cara Ini

Ingin Menulis Novel Tapi Bingung? Kamu Bisa Ikuti Cara Ini
Ilustrasi Novel. (g) Google

MONITORDAY.COMMenulis adalah salah satu cara untuk mengekspresikan diri. Pekerjaan menulis dianggap pekerjaan yang fleksibel karena dapat dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Penulis-penulis di Indonesia pun semakin hari semakin bermunculan dengan karya yang variatif dan berkualitas dari beragam genre. Namun, bagi pemula, beberapa mungkin masih ragu dan tidak tahu bagaimana cara untuk memulai sebuah tulisan. Berikut adalah beberapa cara yang kamu bisa praktikkan ketika pertama kali mulai menulis novel.

  1. Tentukan Ide

Hal yang paling penting dalam sebuah tulisan adalah ide atau gagasan yang dibawa. Ada banyak cara untuk kamu menemukan sebah ide. Melalui pengalaman sehari-hari, cerita dari teman-temanmu, atau dengan berimajinasi sendiri. Jika kamu tidak dapat menemukan ide, kamu bisa mencari inspirasi melalui membaca buku. Karena jika kamu jarang membaca, maka kosakata tulisanmu tidak akan berkembang.

  1. Buatlah Outline Tulisan

Setelah kamu membuat ide, untuk menghindari writer block atau kebingungan di tengah-tengan tulisan, kamu bisa mulai merancang outline tulisanmu. Outline tersebut berisi poin atau inti bagaimana cerita itu akan berjalan dari awal hingga akhir. Kamu bisa membuat outline tulisan per bab jika kamu ingin membuat novel, atau per halaman jika kamu ingin menulis sebuah cerpen.

  1. Tanya Pendapat Kerabat atau Orang yang Berpengalaman

Setelah menulis outlinenya, kamu dapat mulai mengembangkan poin-poin outlinemu ke dalam sebuah tulisan. Jika kamu masih ragu, kamu bisa meminta pendapat kepada kerabat, keluarga, atau orang yang berpengalaman di bidang menulis. Dengan menerima kritik dan saran dari mereka, kamu bisa semakin pede dalam menuliskan novelmu.

Pekerjaan penulis semakin hari semakin diminati banyak orang. Oleh karena itu, mulailah menulis sejak dini karena akan banyak manfaatnya untuk kehidupanmu kelak, baik ketika kamu ingin berkarier di dunia menulis ataupun tidak.