Inilah 4 Nama Potensial Pengganti Tito Karnavian Menurut IPW

Inilah 4 Nama Potensial Pengganti Tito Karnavian Menurut IPW
Ketua Presidium IPW, Neta S Pane.

MONITORDAY.COM – Indonesia Police Watch turut menyoroti bursa calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang mulai menggeliat di internal Kepolisian. Setidaknya ada empat nama yang digadang- gadangkan masuk bursa calon Kapolri, untuk menjadi pengganti Tito Karnavian.

“Keempat calon kuat itu seluruhnya dari jenderal bintang dua (Irjen) dari berbagai angkatan Akademi Kepolisian,” ujar Ketua Presidium IPW, Neta S Pane dalam keterangan tertulisnya, Jumat (2/8).

Nama keempat Jendral yang masuk bursa Kapolri itu pertama, yaitu Irjen Luki Hermawan yang kini menjabat Kapolda Jawa Timur. Ia Akpol Angkatan 1987 atau satu anggkatan dengan Kapolri Tito Karnavian.

Kemudian kedua, yaitu Irjen Gatot Eddy Pramono yang kini menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Gatot juga dinilai yang layak menggantikan Tito. Selanjutnya, Irjen Agus Andriyanto yang kini menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara yang merupakan Akpol angkat 1989.

“sementara terakhir, yaitu Irjen Ahmad Dofiri yang kini menjabat sebagai Kapolda Jogjakarta. Dofiri juga merupakan lulusan terbaik Akpol Angkatan 1989,” ujar Neta.

Neta menambahkan, bahwa sebagaimana informasi yang dihimpun IPW sebelum dijadikan sebagai calon Kapolri, calon lebih dulu dinaikkan pangkat menjadi jenderal bintang tiga (Komjen).

“Namun, keputusan akhir tetap ada di tangan Presiden Jokowi sebagai pemegang hak prerogatif,” tandas Neta.