Ini Dia yang Baru di SBMPTN 2019

Ini Dia yang Baru di SBMPTN 2019

MONITORDAY.COM –  Senin, 22 Oktober 2018, Sekretariat SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional) mengadakan konferensi pers terkait teknis SBMPTN tahun 2019. Sebelumnya, sudah ada beberapa desas-desus bahwa system SBMPTN tahun depan akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, mulai tahun depan akan ada Pusat Layanan Tes atau Test Center.

Jika SBMPTN 2018 dan pada tahun sebelum-sebelumnya diadakan dalam satu hari yang sama dan serentak di seluruh Indonesia, maka SBMPTN 2019 akan dilaksanakan 24 kali dalam setahun, dalam waktu 12 hari di akhir pekan (Sabtu dan Minggu). Hal ini memberi keleluasaan bagi para calon peserta untuk memilih tanggal tes sesuai ketersediaan mereka. Selain itu, siswa memiliki dua kesempatan untuk mengikuti tes tersebut di tahun yang sama. Sistem ini akan dilaksanakan mulai pada bulan Maret 2019.

SBMPTN 2019 akan dilaksanakan full melalui UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer; tidak seperti tahun sebelumnya yang masih ada UTBC (Ujian Tulis Berbasis Cetak). Perbedaan lainnya terletak pada jenis tes yang dilakukan. Tahun sebelumnya, siswa diharuskan mengikuti Tes Potensial Akademik (TPA) yang berisi soal-soal nalar, matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia; dan Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang berisi soal-soal Saintek dan Soshum sesuai pilihan. Mulai tahun 2019, TPA diganti dengan Tes Potensial Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA), yang merupakan pengembangan dari jenis tes sebelumnya.

Nilai SBMPTN 2019 akan diberi tahu kepada peserta sehingga peserta tersebut dapat menggunakan nilai itu untuk daftar ke perguruan tinggi yang diinginkan, tidak seperti sebelumnya, dimana peserta mencantumkan tiga pilihan kampus dan jurusan utama serta tidak diberi tahu nilai SBMPTN-nya.

Sistem seperti ini dianggap memberi lebih banyak kesempatan bagi calon peserta untuk memikirkan matang-matang masa depannya sesuai kemampuan diri. Apakah kamu sudah siap dengan SBMPTN 2019?