Jadi Destinasi Wisata Liburan, pengunjung Sesali Antrian Masuk Monas 

Jadi Destinasi Wisata Liburan, pengunjung Sesali Antrian Masuk Monas 

MONITORDAY.COM - Mengisi hari libur panjang Natal dan tahun baru 2019, masyarakat jadikan Monumen nasional atau Monas sebagai destinasi liburannya. Selain karena jarak yang dekat Monas tentu saja memiliki edukasi berupa sejarah yang patut diajarkan untuk anak dan keluarga. 

Kendati demikian,Pengunjung yang hendak memasuki area tugu Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat pada Selasa (25/12/2018) tertahan di pintu masuk.

"Bagi yang tidak kuat masuk ke area Tugu Monas jangan dipaksa. Di bawah terowongan padat," kata seorang petugas dengan pengeras suara.

Antrean pembelian tiket area tugu Monas mulai mengular. Petugas membagi empat loket untuk pembelian tiket dengan masing-masing 4-5 orang antrean pengunjung.

Setelah tenda pembelian tiket, pengunjung tidak bisa masuk. Mereka tertahan sekitar 15 menit di depan pintu masuk.

Antrean semakin bertambah banyak hingga pukul 12.52 WIB. Mereka yang mengantre ada yang menyerah dengan keluar dari antrean.

Ada pula yang bertahan meski terik panas mulai menyengat. Beberapa dari mereka pun mengeluarkan payung untuk mengindari terik matahari.

Kemudian, pintu masuk mulai dibuka. Pengunjung berbondong-bondong berusaha masuk dan terbawa arus dorongan pengunjung lainnya.

"Jaga tas, dompet dan handphone anda. Jangan dorong-dorongan," teriak petugas dengan pengeras suara.

Namun, setelah masuk mereka tak bisa langsung menuju area tugu. Saat di pintu terowongan para pengunjung kembali tertahan sekitar 5 menit. Pagar pintu terowongan masih ditutup dan dijaga petugas.

Kejadian serupa juga terjadi pada gelombang rombongan pengunjung selanjutnya. Mereka harus menunggu masuk dengan sistem buka dan tutup pintu akses ke area tugu Monas.