Jaga Asas Kesetaraan, Tempat Wisata Ancol Angkat Beberapa Karyawan Dari Kalangan Disabilitas

Jaga Asas Kesetaraan, Tempat Wisata Ancol Angkat Beberapa Karyawan Dari Kalangan Disabilitas

MONITORDAY.COM – Pihak perusahaan Taman Impian Jaya Ancol, merekrut sejumlah empat orang karyawan dari kalangan disabilitas. Hal tersebut demi memberikan ruang dan keadilan kepada orang-orang yang berkebutuhan khusus.

Menurut Manager Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Rika Lestari, perekrutan penyandang disabilitas sebagai wujud nyata pihaknya dalam menjaga asas kesetaraan.

"Tahap awal program ini adalah dengan merekrut karyawan disabilitas di unit bisnis Putri Duyung Ancol. Saat ini sudah ada 4 karyawan yang ditempatkan sebagai petugas administrasi, bagian dapur dan juga pelayanan kamar," ujar Rika, Rabu (30/01/2019).

Dirinya menyebutkan, para karyawan ini memiliki keterbatasan yang berbeda-beda yaitu tuna rungu dan tuna daksa. Sebagai contoh, salah satu karyawan, bernama Ai Syarifah, memiliki keterbatasan pada indera pendengarannya.

Menurutnya Ibu dua anak ini saat ini bekerja sebagai asisten koki di bagian dapur Putri Duyung Ancol. Keterbatasan tidak membuat dia berkecil hati. Malah hal tersebut menjadikan pemicu untuk dapat berkarya di bidang yang disukainya, tata boga.

"Pertama kami coba dengan pelayanan di lingkungan Putri Duyung, namun tidak menutup di tahap selanjutnya akan kami buka juga kesempatan di unit bisnis Ancol yang lain," tambah Dirut Ancol, Paul Tehusijarana.

Paul menegaskan  hal tersebut sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, program ini juga sebagai upaya Ancol menjadikan salah satu perusahaan inklusif yang menyatukan keberagaman dan tanpa diskriminasi sehingga semakin membuka peluang kerja serta dapat membantu memperbaiki kualitas hidup.