Jawa Barat Cita-Citakan Miliki Lembaga Kreatif Yang Jadi  Penyokong Pertumbuhan Ekonomi Inklusi

Jawa Barat Cita-Citakan Miliki Lembaga Kreatif Yang Jadi  Penyokong Pertumbuhan Ekonomi Inklusi

MONITORDAY.COM - Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jawa Barat mengungkap, dalam memorandum of understanding (MoU) tersebut, disepakati bahwa, Badan Ekonomi Kreatif, berkewenangan sebagai badan yang memiliki tanggung jawab untuk menetapkan kebijakan ekonomi kreatif dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kedepannya akan hadir Badan Ekonomi Kreatif Daerah, di bawah pengawasan Badan Ekonomi Kreatif pusat, demi mendukung berkembangnya ekonomi kreatif yang inklusif,” Kata Emil Rabu (07/11/18).

Adapun dasar bagi Bekraf dan Pemerintah Daerah adalah untuk bekerja sama seputar koordinasi. Selebihnya, untuk pengembangan ekonomi itu sendiri, akan menjadi kewenangan masing-masing daerah. "Artinya, Jawa Barat akan menjadi salah satu daerah yang menyokong pengembangan ekonomi kreatif bagi seluruh warganya," kata Emil.

“Ruang lingkup kesepakatan meliputi riset, edukasi dan pengembangan ekonomi kreatif, akses permodalan, infrastruktur, pemasaran dan promosi, dan fasilitasi hak kekayaan intelektual.”

Bekraf maupun Pemprov Jabar berwenang dalam penyusunan regulasi, fasilitasi pemasaran ekonomi kreatif, dan kegiatan lain yang dipandang perlu disetujui oleh kedua belah pihak.

“Hal ini perlu diupayakan, sebab ekonomi kreatif saat ini dinilai memegang peranan penting dalam perekonomian seiring dengan tren pertumbuhannya yang positif. Dalam lima tahun kedepan semoga tercapai hadirnya lembaga-lembaga kreatif di wilayah Jawa Barat," kata Emil.

Di samping itu, Kang Emil juga menyatakan, bahwa menghadapi era ekonomi kreatif, para pelaku industri ini bisa melakukan upaya kolaboratif disamping berkompetisi.

"Kooperatif, berkolaborasi dengan cara-cara baru, berbagi dan "connecting", terhubung pada dunia baru yang penuh semangat. Kreativitas bisa menyatukan kita semua. Insyaallah Jawa Barat jadi Provinsi kreatif se-Indonesia, yang siap menyambut datangnya ekonomi kreatif," ujarnya.