Jelang Bulan Ramadhan, Pemerintah Pastikan Stok dan Harga Bahan Pokok Aman

Jelang Bulan Ramadhan, Pemerintah Pastikan Stok dan Harga Bahan Pokok Aman
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution/net

MONITORDAY.COM - Pemerintah memastikan menjelang Ramadan dan Lebaran tahun ini, ketersediaan dan harga bahan pokok saat ini dalam kondisi aman dan terkendali.

Kepastian itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution usai memimpin Rapat Koordinasi tentang Persiapan Ramadan dan Idul Fitri 1440 H, di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

“Perkembangan inflasi Ramadan dan Idul Fitri dalam dua tahun terakhir menurun. Inflasi volatile food lebih terkendali, termasuk harga beras yang tidak lagi mengalami inflasi. Namun, yang menjadi perhatian adalah angkutan udara,” ujar Menko Perekonomian Darmin Nasution.

Menko Perekonomian mengharapkan agar Bulog menjaga ketersedian stok dan stabilisasi beberapa harga pangan seperti beras, minyak goreng, daging, gula dan bawang merah, bawang putih, serta cabai merah.

"Bulog juga diharapkan mengambil peran dalam menstabilkan harga, namun dengan tetap memperhatikan kepentingan dua sisi baik produsen maupun konsumen," tambahnya.

Selain itu, Menko Perekonomian mengingatkan, bahwa Bulog juga perlu memperhatikan pembangunan gudang-gudang di daerah yang surplus (misalnya beras), demikian pula untuk daerah-daerah yang defisit sehingga harga bisa dikendalikan di tingkat konsumen tanpa mengorbankan harga di tingkat produsen.

Sementara untuk pengendalian inflasi menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), Menteri Perdagangan, Bulog dan Satgas Pangan diharapkan bekerjasama dalam menertibkan kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH).