Jelang Debat Cawapres, TKN: Kiai Ma'ruf Miliki Pengalaman Yang Panjang

Jelang Debat Cawapres, TKN: Kiai Ma'ruf Miliki Pengalaman Yang Panjang

MONITORDAY.COM - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin mengatakan cawapres jagoannya siap menghadapi debat putaran ketiga Pilpres 2019. Sebab, Ma’ruf Amin dinilai sudah memiliki pengalaman dalam pengambilan kebijakan publik.

“Debat cawapres baru nanti kelihatan ya keunggulan-keunggulannya Kiai Ma’ruf dengan pengalaman yang panjang, pemimpin organisasi kemasyarakatan, dengan pengalaman yang panjang di parlemen, mengambil bagian di dalam kebijakan publik, dengan pengalaman panjang sebagai pendidik ya yang tahu bagaimana kondisi sosial, psikologi, pasti jauh lebih unggul dengan yang tidak punya pengalaman pengambilan kebijakan publik,” kata Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Johnny G Plate di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/3/2019).

Lebih lanjut, Johnny G Plate menyinggung pengalaman cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno yang belum sampai satu tahun menjadi wakil gubernur. Dirinya lantas membandingkannya dengan pengalaman kebangsaan Ma’ruf Amin yang disebutnya lebih luas.

“Lalu pengalamannya makro-kebangsaan, makro-negara, itu sangat luas Kiai Ma’ruf. Mas Sandi kan pengalamannya mikro, PT, perusahaan sangat kecil. Nah, tapi dari segi gagasan kebangsaannya, nanti diuji dalam debat. Saya kira dalam debat itu nanti akan terlihat dua pendekatan yang sangat berbeda. Yang satu pendekatannya pendekatan makro-kebangsaan, yang satu sangat mikro, lapangan pekerjaan, lapangan pekerjaan yang mikro sifatnya,” lanjutnya.

Namun, Johnny G Plate enggan membuka apa saja materi yang dibekalkan kepada Ma’ruf Amin. Yang jelas, kata dia, debat cawapres harus diisi dengan data, bukan hanya gosip atau hoax.

“Secara spesifik tidak perlu saya jawab sekarang, biar nanti kejutannya saja, tidak perlu saya jawab. Yang pasti, itu sangat dipahami oleh Kiai Ma’ruf Amin. Tapi yang ingin kita katakan ya, debat capres tidak boleh diisi dengan gosip ya, debat cawapres tidak boleh diisi dengan fitnah, hoax, atau tanpa data,” kata Johnny G Plate.

“Jangan sampai nanti ngomong tanpa data lagi. Karena apa? Karena ini terkait dengan perasaan yang mau dieksploitasi perasaan masyarakat. Data yang salah pun diangkat dalam debat. Ini berbahaya sekali,” tambahnya.

Johnny G Plate juga tak mengungkapkan secara detail siapa saja pakar yang dimintai masukan untuk Ma’ruf Amin atau apakah nanti Ma’ruf Amin akan memberikan serangan personal kepada Sandiaga Uno. Dirinya menyebut Ma’ruf Amin adalah politikus senior yang tahu apa yang akan dilakukannya.

“Dia akan berkembang sesuai dengan dinamisnya debat. Yang pasti, Ma’ruf Amin seorang tokoh senior, yang tahu harus mengatakan apa dan berbuat apa pada saat apa. Ini merupakan tokoh yang sangat senior, yang menguasai teknik debat. Kalau kita bilang Kiai Ma’ruf Amin menang debat sebelum debat itu berlangsung,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, debat putaran ketiga yang akan mempertemukan kedua cawapres akan digelar pada 17 Maret 2019 mendatang. Debat akan mengusung tema ‘pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan’.