Hasil Survei: Jokowi-Ma'ruf Amin Solid Didukung Pemilih Muslim di Partai Pengusungnya

Hasil Survei: Jokowi-Ma'ruf Amin Solid Didukung Pemilih Muslim di Partai Pengusungnya
Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin/Foto: Istimewa

MONITORDAY.COM - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA per Februari 2019 menunjukan Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin mendapat dukungan yang solid dari pemilih muslim di partai pengusunya.

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa memaparkan hasil surveinya bahwa Dari 87.8% pemilih muslim, yang kemudian memilih PDIP sebesar 26.0%. dan dari persentase tersebut, lebih banyak dari mereka yang mendukung Paslon 01.

"PDIP ini salah satu partai pengusung Paslon nomor urut 01 (Jokowi-Amin). Hasil survei menunjukan dari 26.0% pemilih PDIP, 92.3% nya melih Jokowi-Amin dan hanya 4% saja yang memilih Prabowo-Sandi," ungkap Ardian

Dengan demikian Jokowi-Amin menang telak di kalangan pemilih Muslim yang memilih PDIP.

Sebaliknya, dari 13.8% pemilih Muslim yang memilih partai Gerindra, yang mana partai Gerindra adalah salah satu partai pengusung Paslon 02, "hasil survei menunjukan dari 13.8% pemilih Gerindra, 8.62% nya memilih Prabowo-Sandi dan 13.1% memilih Jokowi-Amin," lanjut Ardian.

Kemudian pemilih Muslim yang memilih Golkar, PKB, PPP, Nasdem, Perindo Lebih banyak memilih Jokowi-Amin dan pemilih Muslim yang memilih PKS dan PAN lebih banyak memilih Prabowo-Sandi.

"Berbeda dengan pemilih Muslim yang memilih partai salah satu pendukung Prabowo-Sandi, Demokrat. Pemilih muslim yang memilih Demokrat lebih banyak dukung Jokowi-Amin (61.2%) dibandingkan dengan Prabowo-Sandi (36.7%)," pungkas Ardian.